Wakhidah, Ghosiyatul (2009) Hubungan antara Kompetensi Sosial Guru dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Kesejahteraan Islam Nongkojajar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110029.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (676kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama bukan hanya sekedar mata pelajaran tetapi harus menjadi ruh dalam praktek pendidikan pada umumnya. Pendidikan Agama harus menjiwai seluruh isi kurikulum. Proses pendidikan dan pembelajaran yang melandasi pembentukan aspek-aspek kepribadian peserta didik,baik di dalam maupun di luar, Namun demikian, Pendidikan Agama Islam ternyata tidak hanya menyangkut masalah transformasi ajaran dan nilainya, tetapi lebih merupakan masalah yang kompleks. Dalam arti, setiap kegiatan pembelajaran pendidikan agama akan berhadapan dengan permasalahan yang kompleks, misalnya masalah peserta didik dengan berbagai latar belakangnya, dalam kondisi dan stuasi apa ajaran itu diberikan, sarana apa yang diperlukan untuk mencapai suatu keberhasilan pendidikan agama, bagaimana cara atau pendekatan apa yang digunakan dalam pembelajaran agama itu, hasil apa yang diharapkan dari kegiatan pendidikan agama itu, dan seberapa jauh tingkat efektifitas, efisiensinya, serta usaha-usaha apa yang dilakukan untuk menimbulkan daya tarik dan motivasi bagi peserta didik. Guru yang terkait langsung dituntut untuk mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai permasalahan tersebut. Dan untuk mengantisipasinya diperlukan adanya profil guru di Sekolah ataupun Madrasah yang mampu menampilkan sosok kualitas personal, sosial, dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya, agar dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan antara kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Untuk itu penelitian ini berjudul yaitu : Hubungan antara Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Kesejahteraan Islam Nongkojajar. Terkait dengan hal tersebut peneliti akan merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Kompetensi Sosial Guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Kesejahteraan Islam Nongkojajar, 2) Bagaimana motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Kesejahteraan Islam Nongkojajar, 3) Adakah hubungan positif signifikan antara kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Kesejahteraan Islam Nongkojajar. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk : 1) Menjelaskan kompetensi sosial guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Kesejahteraan Islam Nongkojajar. 2) Menjelaskan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Kesejahteraan Islam Nongkojajar, 3) Menjelaskan hubungan positif signifikan antara kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Kesejahteraan Islam Nongkojajar.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Kesejahteraan Islam Nongkojajar di wilayah kecamatan Tutur. Dengan menggunakan penelitian kuantitatif korelasional. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini, jenis uji hipotesis yang digunakan adalah menghitung antara variabel X dan Y (variabel kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar PAI) dengan data berbentuk interval dengan menggunakan metode analisis statistik Product Moment Karl
Pearson yang akan membandingkan antara
rhitung
dengan
rtabel . Bila
rhitung
> rtabel
maka terima
H 0 artinya ada korelasi antar variabel. Dan bila
rhitung
< rtabel , maka
H1 ditolak artinya tidak ada korelasi antar variabel.
Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis dan pembahasan adalah
sebagai berikut : 1) Kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru-guru yang berada di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Kesejahteraan Islam Nongkojajar berada pada taraf yang sedang atau tidak terlalu baik juga tidak terlalu jelek. 2) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang berada di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yayasan Kesejahteraan Islam Nongkojajar menunjukkan bahwa tingkat motivasi siswa-siswi tidak terlalau baik dan juga tidak terlalu jelek atau berada pada taraf sedang. 3) Kompetensi sosial guru dalam mengajar memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang berada di lembaga ini, dalam arti semakin tinggi tingkat kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru maka semakin tinggi pula tingkat motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa, begitu juga sebaliknya semakin rendah tingkat kompetensi sosial guru maka semakin rendah pula tingkat motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Sosial Guru; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 14:44 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 14:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45633 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |