Arofah, Ismi (2009) Implikasi hafalan Al-Qur'an dalam prestasi belajar mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI): Studi kasus di Ma’had Sunan Ampel Al-Ali UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110027.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam menjalankan fungsi edukasinya, dewasa ini perguruan tinggi dituntut untuk dapat memerankan fungsinya secara optimal dalam mewujudkan lulusan yang beriman dan bertaqwa, memiliki kepribadian yang utuh, memiliki keahlian yang matang dan profesional dibidangnya masing-masing. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam yang telah berhasil menggabungkan dua kekuatan dalam paradigma pendidikannya, yaitu kekuatan akademik dan kultural. Kekuatan kultural tersebut, diciptakan melalui keberadaan Ma‟had (pesantren mahasiswa yang kurikulum pembelajarannya integral dengan kampus). Selain pembelajaran kitab dan bahasa, di Ma‟had juga terdapat unit pengembangan tahfizh yang beranggotakan para mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Kegiatan menghafal Al-Qur‟an yang dilakukan oleh mahasiswa ini merupakan suatu hal yang sangat memerlukan perhatian dan penanganan secara khusus, mengingat menghafal Al-Qur‟an merupakan pekerjaan yang tidak mudah untuk dilakukan, apalagi oleh mahasiswa yang notabene memiliki jadwal kegiatan yang padat. Dari sinilah timbul berbagai anggapan yang menyatakan bahwa dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan, maka mahasiswa penghafal Al-Qur‟an tidak bisa mendapatkan hasil belajar/akademik yang maksimal. Berawal dari latar belakang tersebut, maka peneliti tertarik untuk membahasnya dalam skripsi yang berjudul “Implikasi Hafalan Al-Qur‟an Dalam Prestasi belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Ma‟had Sunan Ampel Al-Ali UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan hafalan Al-Qur‟an di Ma‟had sunan Ampel Al-Ali UIN Maulana malik Ibrahim Malang, untuk mengetahui apakah hafalan Al-Qur‟an mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam berimplikasi terhadap prestasi belajarnya, serta untuk mengetahui bagaimana aspek sikap keseharian mahasiswa tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, angket, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Adapun untuk data yang berupa angka (data kuantitatif), dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan cara menghitung nilai rata-rata dan prosentase kemudian dideskripsikan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa pelaksanaan hafalan Al-Qur‟an di Ma‟had Sunan Ampel Al-Ali sudah baik, kerena telah memenuhi beberapa hal yang mendukung keberhasilan menghafal Al-Qur‟an.
Diantaranya adalah: penciptaan lingkungan yang kondusif dengan dikumpulkannya mahasiswa penghafal Al-Qur‟an dalam satu unit asrama, adanya instruktur hafalan yang membimbing mahasiswa tersebut, adanya waktu yang digunakan mahasiswa untuk melestarikan hafalannya, serta adanya program evaluasi seperti kegiatan khatm Al-Qur‟an tiap sepekan, tes tahfizh tiap akhir semester, serta wisuda tahfizh yang diawali dengan tes tahfizh. Dari proses menghafal yang baik tersebut, maka hafalan yang dihasilkanpun menjadi baik.
Hafalan mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam berimplikasi dalam prestasi belajarnya. Secara psikologis, aktivitas menghafal Al-Qur‟an menimbulkan efek ketenangan yang mendukung keberhasilan proses belajar. Secara fisiologis, kebiasaan menghafal Al-Qur‟an membuat indera penglihatan dan pendengaran menjadi familiar terhadap ayat-ayat yang telah dihafal, serta melatih sistem memori dalam otak untuk mengingat, sehingga memudahkan siswa/mahasiswa untuk dapat menghafal pengetahuan lain selain Al-Qur‟an. Selain itu, hafalan Al-Qur‟an mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam sangat membantu penguasaan materi matakuliah keagamaan Islam yang berhubungan dengan ayat-ayat Al-Qur‟an, karena selain menghafalkan para mahasiswa tersebut juga berusaha memahami ayat-ayat yang dihafal.
Dari rekapitulasi indeks prestasi komulatif mahasiswa tersebut, secara umum diketahui bahwa nilai rata-ratanya mencapai 3.64 (dengan pujian), sedangkan untuk matakuliah kegamaan Islam yang banyak berkaitan dengan ayat-ayat Al- Qur‟an, nilai mahasiswa tersebut juga baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas menghafal Al-Qur‟an mahasiswa tidak menyebabkan prestasi belajarnya menurun, sebaliknya hafalan Al-Qur‟an justru berimplikasi sangat baik bagi prestasi belajar mahasiswa.
Selain berprestasi yang baik dalam akademiknya, aspek sikap keseharian mahasiswa penghafal Al-Qur‟an ini juga lebih mencerminkan mahasiswa muslim dibandingkan mahasiswa lainnya. Mereka berkomitmen untuk selalu berusaha memperbaiki tingkah lakunya, serta menjaga tatakrama yang baik kepada lingkungan sosialnya. Selain itu, mereka juga selalu berusaha mengamalkan ilmunya dengan mengajarkan ilmu tentang Al-Qur‟an yang mereka miliki kepada siapapun yang membutuhkannya, baik dalam lingkup ma‟had maupun masyarakat sekitar kampus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Hafalan Al-Qur'an; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 14:44 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 14:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45622 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |