Mahsun, Alif (2007) Peran perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan profesionalitas Guru PAI di SMA Negeri 7 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
02140083.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (385kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan di era global ini sangatlah dibutuhkan, namun permasalahan serius yang dihadapi adalah rendahnya kualitas pembelajaran. Perbaikan pembelajaran PAI harus diawalai dengan desain pembelajaran yang baik (perencanaan pembelajaran) yang dapat dijadikan titik awal upaya perbaikan kualitas pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan prolehan hasil belajar yang baik. Berdasarkan latar belakang ini permasalahan yang dirumuskan adalah; 1) bagiamana perencanaan pembelajaran PAI, 2) bagaimana profesionalitas guru PAI, 3) bagaimana peran perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI di SMA Negeri 7 Malang.
Perencanaan merupakan proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan pendekatan dan metode pembelajaran dan penilaian dalam suatu alokasi waktu yang akan dilaksanakan pada masa tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tenaga kependidikan (guru) merupakan pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan, kemampuan, keahlian dan ketelatenan untuk menciptakan peserta didik memiliki prilaku sesuai dengan yang diharapkan. Tingkat keprofesionalan guru PAI dapat berupa penguasaan materi pelajaran, penghayatan atas landasan dan wawasan tentang kependidikan serta proses - proses kependidikan keguruan dan pembelajaran siswa. Perencanaan pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting untuk memandu guru dalam melaksanakan tugasnya hususnya dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, karena, perencanaan pembelajaran secara tertulis maupun tidak tertulis adalah gambaran bagaimana guru akan memulai kegiatan proses belajar mengajar berlangsung nantinya. Sehingga perencanaan pembelajaran ini akan menjadi pedoman atau membantu guru dalam menjalankan tugas profesinya (tenaga profesional) khususnya dalam bidang pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengolahan data yang berupa kata-kata, gambaran umum yang terjadi dilapangan. Kepentingan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran PAI, profesionalitas guru PAI, dan peran perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Malang dengan sumber data adanya semua unsur - unsur yang terkait dengan peran perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI. Teknik pengumpulan datanya adalah: Metode observsasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan teknik reflektif thingking yaitu mengkombinasikan cara berfikir induktif dan deduktif. Teknik untuk mengetahui validitas data adalah dengan mengadakan trianggulasi, menggunakan bahan refrensi, dan member cek.
Hasil penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 7 Malang baik di dalam dan di luar kelas lebih menekankan pada pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan komunikatif dalam kegiatan pembelajarannya. Media yang digunakan antara lain: buku pelajaran PAI, LKS PAI, Al-Qur’an, perpustakaan, sekolah dan masjid. Evaluasinya dengan tes tulis, tugas kelompok, ulangan harian, ulangan blok yang dilakukan pada tengah dan akhir semester, kehadiran dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran, perhatian/keseriusan/motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran, kreatifitas dalam bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan berargumentasi serta kemampuan untuk berkomunikasi. Ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran sudah dapat dikatakan sangat baik, sikap keprofesionalan guru dapat dilihat dari kemampuan guru dalam melaksanakan serta mengevaluasi perencanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaannya sehingga perencanaan ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk kegiatan belajar mengajar selanjutnya.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum sekolah, sehingga profesionalitas guru PAI sudah tercermin dari keberhasilan dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran tersebut yang dituinjukkan dengan hasil evaluasi yang baik juga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | perencanaan pembelajaran; profesionalitas guru PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 14:44 | ||||||
Last Modified: | 11 May 2023 13:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45619 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |