Hadi, Yanuar (2009) Profil guru dan murid dalam Perspektif Al-Ghazali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110023.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (928kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan masalah penting yang memperoleh prioritas utama sejak awal kehidupan manusia. Bahkan Rasulullah Saw sendiri telah mengisyaratkan bahwa proses belajar bagi setiap manusia adalah sejak ia masih dalam kandungan ibunya, sampai ia sudah mendekati liang kuburnya. Sebagai agama yang mengutamakan pendidikan, maka sepanjang kurun kehidupan umat Islam hingga kini, telah muncul banyak ahli pendidikan yang menyumbangkan buah pikirannya dalam bidang pendidikan. Dan pada umumnya sepakat menyatakan bahwa dari semua unsur pendidikan yang ada, guru dan murid menempati unsur yang utama dan taratas dari yang lain.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah dan ruang lingkup yang akan membahas mengenai bagaimana profil guru dan murid dalam perspektif Al-Ghazali, sehingga bertujuan untuk mengetahui pandangan Al-Ghazali, tentang profil guru dan profil murid tersebut, serta dapat pula dijadikan rujukan bagi para guru maupun anak didik di masa sekarang ini.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan lebih spesifiknya adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode pendekatan historis dan filosofis serta content analisys sebagai pisau analisisnya, kemudian hasil dari penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Al-Ghazali memiliki kontribusi yang besar dalam rangka membangun profil guru dan murid yang baik dan sesuai dengan syari’at Islam. Hal ini terlihat dari Bagaimana Imam al-Ghazali memberikan pengertian, syarat, tugas dan kewajiban serta adab yang sejalan dengan tuntutan atau ajaran agama Islam, baik bagi guru maupun murid. Sehingga secara operasional, konsepnya dapat diaplikasikan dan dijadikan alternatif acuan bagi seorang guru maupun murid di masa sekarang, khususnya dalam ruang lingkup pendidikan Islam itu sendiri, namun harus tetap menggunakan bentuk pendekatan baru serta diperlukan penyempurnaan yang searah dengan perkembangan dan kemajuan zaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profil; Guru; Murid | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 14:44 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 14:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45607 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |