Qudsi, Ach. Hafid (2011) Upaya meningkatkan Prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil Kota Blitar: Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510076.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pelaksanaan pembangunan nasional tergantung pada sumber daya yang tersedia, termasuk yang paling dominan yaitu sumber daya manusia. Dimana sumber daya manusia ini merupakan pemikir, perencana dan pelaksana pembangunan. Pegawai negeri sipil adalah sebagai aparatur yang merupakan sumber daya manusia yang memegang peranan penting dan sangat menentukan, sebab pegawai negeri pelaksana pemerintahan yang merumuskan kebijaksanaan negara dalam rangka melancarkan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan. Untuk itu pegawai negeri sipil disamping dituntut dan dibutuhkan dalam segi kuantitasnya yang mencukupi, juga tidak kalah pentingnya yaitu segi kualitas yang ditunjukkan dengan prestasi kerja dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Agar tuntutan ini dapat dipenuhi maka perlu adanya upaya-upaya dalam rangka peningkatan prestasi kerja yang juga dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Blitar serta untuk mendiskripsikan upaya dalam meningkatkan prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Badan Kepegawaian Kota Blitar.
Pengujian penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan demikian fenomena-fenomena yang diperoleh pada saat penelitian dideskripsikan secara kualitatif. Untuk mengetahui data dan jenis datanya dengan dengan dua jenis data yaitu data primer atau langsung dan skunder atau tidak langsung serta dengan menggali sumber dari 14 pegawai dari 35 pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kota Blitar. Untuk memperoleh data yang relevan dengan permasalahan yang diteliti, maka dalam penelitian ini digunakan tehnik pengumpulan data dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari data yang diperoleh Badan Kepegawaian Kota Blitar dalam meningkatkan prestasi kerja pegawai selama tahun 2010 termasuk kategori sangat berhasil. dengan nilai capaian kinerja 98,75 % dan didukung pula dengan pegawai yang dikirim untuk tugas belajar yang termasuk katagori terbaik, pemberian motivasi telah terlaksana dengan baik dan lancar, baik secara material ataupun non material sesuai dengan program yang direncanakan, akan tetapi akan lebih baik apabila keadilan dan pelayanan terhadap sesama pegawai lebih di maksimalkan. Kemampuan pegawai juga selalu di asah dengan mengadakan seminar, pelatihan dan pendidikan agar kualitas atau mutu pegawai terus bertambah. Sedangkan kejelasan atas peran juga telah diatur dan tersusun dalam Peraturan Daerah Kota Blitar Nomor 6 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja inspektorat daerah, yang secara rinci mengatur tentang fungsi dan tugas pokok dari masing – masing bagian dan program pelaksanaannya untuk mengupayakan peningkatan prestasi kerja pegawai, karena peran yang telah jelas diatur dan ditetapkan sehingga keseluruhan potensi yang ada dapat dicurahkan untuk mengerjakan tugasnya secara maksimal. Dalam meningkatkan prestasi kerja Pegawai Negei Sipil Badan Kepegawaian seharusnya lebih memaksimalkan kinerjanya dengan sosialisasi yang baik dan transparan agar pegawai bisa lebih memahami lebih jelas peraturan, undang-undang dan dapat bekerja dengan lebih baik.
ABSTRACT
The implementation of national development depends on the resources available, including the most dominant of human resources, Where human resources is a thinker, planner and implementer of development. Civil servant is as apparatus and a human resource that plays an important and crucial role, because the government officials who formulate tountry, implementing state policy in order to launch the tasks of governance and development. For those civil servants in addition to be that sued and needed in terms of a sufficient quantity, also important in terms of quality that is demonstrated by performance in carrying out duties and responsibilities. In order to these demands that can be met, it needs efforts in order to improve work performance conducted by the Regional Personnel Agency, Blitar as well as to describe the efforts in improving work performance within the Civil Service Personnel Agency, Blitar.
Testing of research used in this research uses descriptive research method with qualitative approaches. Thus the phenomena obtained at the time are described in a qualitative study. Testing of research used in this research uses descriptive research method with qualitative approaches. Thus the phenomena obtained at the time are described in a qualitative study. To find the data and data types with the two types of data are primary data, or direct and secondary or indirect as well as by exploring the source of 14 employees from 35 employees Regional Personnel Agency, Blitar. To obtain data relevant to the issues in vestigated, then this study used techniques of data collection with data collection techniquest suthas: interviews, observation, and documentation.
From the data obtained at Personnel Agency, Blitar in improving employee’s job performance during 2010 including the category of very successful. Aspett with a value of 98.75% achievement of performance and supported also by the employees sent to the task of learning which includes the best category, motivation is done well and smoothly, either material or non material in accordance with the planned program, but would be better if the justice and service to fellow employees is more maximized. The ability of employees is also always at the grindstone by holding seminars, training and education for the quality of employees, continuesing to grow. While the clarity of the role has also arranged and composed in Blitar Regional Regulation No. 6 of 2008 concerning the organization and functioning of regional inspectorates, in detail regulates basic functions and duties of each section and program implementation in striving and to increasing employee is job performance, because the roles have been clearly set and defined, so that the overall potential can be devoted to do his job tompletely. In improving employees job performance of civil servaunt at personel agency should further maximize its performance with good and transparent socialization i then employees can understand, better and cleatet to the rules, laws and work better.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembangunan Nasional; Prestasi kerja; Peran kepegawaian; National Development; Work achievement; Personnel role | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 14:46 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 14:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45597 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |