Fadeh, Fadeh (2009) Aplikasi Metode Card Sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (752kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Fokus Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan ”Aplikasi Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an Hadits.” Penggeseran paradigma pendidikan sekarang ini, berpengaruh pada metode dan strategi yang digunakan dalam proses belajar mengajar, sebab metode merupakan salah satu faktor atau komponen pendidikan yang sangat menentukan berhasil tidaknya suatu pembelajaran. Pergeseran paradikma tersebut juga akan berpengaruh pada fungsi pendidik itu sendiri, yaitu sebagai fasilitator. Tugas pendidik sebagai fasilitator dalam rangka optimalisasi proses belajar mengajar harus mampu mengembangkan kemauan dan motivasi belajar siswa, mengembangkan kondisi belajar yang relevan agar tercipta suasana belajar dengan penuh kegembiraan.
Untuk mendapatkan kepastian maka diambil rumusan masalah bagaimanakah aplikasi metode card sort pada siswa kelas VII-C, VII-D dan VII-E bidang studi Al-qur’an hadits, dan bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas VII-C, VII-D dan VII-E setelah diterapkannya metode card sort bidang studi Al- qur’an Hadits di MTs An-Nur Bululawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan aplikasi metode card sort pada siswa kelas VII-C, VII-D dan VII-E bidang studi al-Qur’an Hadits, dan untuk menjelaskankan motivasi belajar siswa kelas VII-C, VII-D dan VII-E setelah diterapkannya metode card sort bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs An-Nur Bululawang.
Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru bidang studi, kepala Madrasah, dan siswa/siswi, waka kurikulum serta pihak-pihak yang berkompeten di Madrasah tersebut serta data-data yang didokumentasikan. Teknis Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif melalui proses editing.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi metode card sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII-C, VII-D dan VII-E bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs An-Nur Bululawang Dalam aplikasi metode card sort bidang studi Al-Qur’an Hadits ini setiap siswa diberi kertas yang berisi informasi tentang materi yang akan dibahas secara acak, kemudian siswa diminta mencari temannya dan mengelompok sesuai dengan topik bahasannya. Setelah itu siswa/siswi mendiskusikan dan mempresentasikan hasil diskusi tentang materi dari kategori kelompoknya dengan dinilai dan dikomentari oleh teman-temannya yang lain. Di sini pendidik lebih banyak bertindak sebagai fasilitator dan menjelaskan materi yang perlu dibahas atau materi yang belum dimengerti siswa setelah presentasi selesai. Motivasi belajar siswa kelas VII-C, VII-D dan VII-E meningkat setelah diterapkannya metode card sort bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs An-Nur Bululawang, karena dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode card sort terdapat beberapa unsur, diantaranya: Pertama pengalaman; dengan metode ini peserta didik mendapatkan pengalaman langsung dengan mengaktifkan lebih banyak indra daripada hanya mendengarkan. Kedua, Interaksi dan diskusi dapat melatih siswa dalam berinteraksi dengan orang lain serta berani mengemukakan argumen-argumennya. Ketiga, komunikasi; siswa dapat mengungkapkan pikirannya baik secara lisan ataupun tulisan akan memantapkan pemahaman siswa tentang apa yang dipelajari. Keempat, refleksi; dengan adanya interaksi dan komunikasi siswa dapat melakukan refleksi. Kelima, Daya ingat; dengan lebih banyak melibatkan siswa dalam kegiatan belajar dan lebih banyak menggunakan indera yang dimiliki akan menambah daya ingat siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Card Sort; Motivasi Belajar; Bidang Studi Al-Qur’an Hadits | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 14:45 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 14:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45576 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |