Setyawan, Arfianto Yuli (2011) Analisis pergeseran Strategi keunggulan bersaing: Studi kasus di Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510033.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Strategi bersaing adalah pencarian posisi bersaing yang menguntungkan di dalam suatu industri. Strategi bersaing bertujuan menegakkan posisi yang menguntungkan dan dapat dipertahankan terhadap kekuatan-kekuatan yang menentukan persaingan industri untuk menciptakan keunggulan bersaing. Hotel Kusuma Agrowisata Batu yang merupakan organisasi bisnis juga bertujuan memenangkan persaingan dengan menciptakan keunggulan bersaing. Ketika awal berdiri Hotel Kusuma Agrowisata Batu, peta persaingan relatif sedikit. Seiring dengan di tetapkannya visit Indonesia, maka persepsi tentang hotel mengalami perubahan ditunjang meningkatnya ekonomi masyarakat, sehingga berdampak dengan munculnya hotel-hotel baru yang menyebabkan peta persaingan berubah menjadi relatif ketat. Sedangkan pada saat ini dengan terus tumbuhnya perekonomian, kemajuan teknologi, perbaikan insfrastruktur pariwisata serta kemudahan regulasi pemerintah telah membuat persaingan sangat ketat. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pergeseran strategi yang ditetapkan Hotel Kusuma Agrowisata Batu untuk membangun keunggulan bersaing setiap situasi persaingan yang terjadi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi data dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Kusuma Agrowisata Batu dalam membangun strategi keunggulan bersaing, strategi yang di gunakan pada kondisi persaingan relative sedikit yaitu pemilihan tata letak secara; inovatif bangunan perpaduan Cina dan Jawa; pelayanan yang optimal, prima, cepat dan pemenuhan kebutuhan pelanggan; menjalin hubungan staff dengan konsumen sesuai etika dan norma yang berlaku. Pada kondisi relative ketat startegi yang digunakan never ending inovation, kratifitas dan keefektifan dalam berinovasi, stategi harga dengan memberikan diskon 10% hingga 25%; fasilitas yang diberikan dan maksimalisasi pelayanan harus sesuai dengan mindset pelanggan ketika berada dirumah; dan sportifitas dalam bersaing. Sedangkan kondisi persaingan sangat ketat startegi yang digunakan antara lain pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi; personal approach; strategi harga yang disesuaikan; menjalin kerjasama dengan mitra bisnis; pembangunan fasilitas baru, menanamkan jiwa marketing untuk semua stakeholder. Strategi yang digunakan di atas mengalami pergeseran dan mosifikasi yang mana disesuaikan dengan masing-masing kondisi lingkungan bisnis serta disesuaikan dengan perubahan pangsa pasar.
ABSTRACT
Competitive strategy is the searching for a favorable competitive position in an industry. Competitive strategy aimed ad establishing a favorable and maintainable position toward the forces which determine an industry competition to create a competitive advantage. Kusuma Agrowisata Hotel of Batu which is a business organization also aims to win the competition by creating a competitive advantage. At the first time of establishing Kusuma Agrowisata Hotel of Batu, The competition map is relatively little. Alony with the implementation of the visit Indonesia, the perception about Hotel is changed andsuported by the increasing of economic community, so it has the impact on the growing of new hotels which causes the map of competition is relatively tight. More, at this current time with the continuing of economic growth, technological progress, improvement of tourism infrastructure and supported with ease of government regulations it has made the tight competition. The purpose of this study is examining the shift strategy applied by Kusuma Agrowisata Hotel of Batu to build competitive advantages that occur in every competitive situation.
This study used a qualitative descriptive method. The data of this study were obtained by conducting interviews, observations, and documentation. The Checking of the data in this study was done by using triangulation of data and sources.
The results showed that the Kusuma Agrowisata Hotel of Batu in building a competitive advantage strategy is by using the basic of geographical layout of the election; innovative blend of Chinese and Javanese building; optimum service, excellent, fast and fulfillment of customer needs; establishing relationship staff between and consumer in ethics line with and norms. In the conditions of relatively strict competition is by using strategies which included: never ending Innovation, creativeness and effectiveness in innovation, pricing strategies by providing discounts of 10% to 25%; maximization of the customer mindset that is the facilities given at is the same as home, and sportsmanship in competition. While competitive conditions in the information and the competition era is very tight, the strategies used among others are using information and communications technology; personal approach; customized pricing strategies; cooperating with business partners; the construction of new facilities, imparting marketing spirit to all internal stakeholders.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pergeseran Strategi; Keunggulan Bersaing; Shifts Strategy; Competitive Advantage | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 09:59 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 09:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45559 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |