Muslim, Ahmad (2011) Analisis Bauran Pemasaran berbasis Key Success Factor Rasulullah SAW pada Produk Sepeda Motor Yamaha Mio terhadap keputusan pembelian Konsumen di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510063.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Permintaan masyarakat terhadap sepeda motor mengalami peningkatan, hal ini memberikan peluang bagi para produsen sepeda motor untuk melakukan inovasi dari produk yang dihasilkannya. Setiap produsen selalu memproduksi sepeda motor dengan desain-desain yang terbaru sesuai dengan keinginan konsumen. Jenis sepeda motor yang sangat digemari konsumen selama ini adalah jenis sepeda motor bebek. Namun pada saat ini, beberapa produsen sepeda motor telah memproduksi dan memasarkan jenis sepeda motor metik. Salah satu produsen yang telah meluncurkan jenis sepeda motor matic adalah merek Yamaha Mio.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan baik secara simultan maupun parsial pengaruh shidiq (benar), fathanah (intelektual), amanah (terpercaya), tabligh (komunikatif) dan tempat terhadap keputusan pembelian motor metik Yamaha Mio di kota Malang. Serta untuk menguji dan membuktikan dari keempat key succses faktor Rasullah dan satu variabel bauran pemasan tempat tersebut, manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini dilakukan di Kota Malang. penelitian ini menggunakan sampel 320 responden. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah model regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis regresi, maka dilakukan uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik, sehingga data yang dihasilkan akan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa shidiq (benar), fathanah (intelektual), amanah (terpercaya), tabligh (komunikatif) dan tempat baik secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji F (serentak) yang menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel dan juga dari hasil perhitungan uji t (parsial) yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Variabel yang mempunyai berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian adalah tempat. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai beta sebesar 0.461. Jadi dapat disimpulkan bahwa shidiq (benar), fathanah (intelektual), amanah (terpercaya), tabligh (komunikatif) dan tempat memiliki peran yang sama penting dalam meningkatkan keputusan pembelian.
ABSTRACT
Public demands toward motorcycles has increased, this situation provides an opportunity for motorcycle manufacturers to innovate the product. Each manufacturer is always producing motorcycles with the latest designs in accordance with the wishes of consumers. The favorite type of motorcycle nowdays is motorcycle of less than 100cc. However, at present, some motorcycle manufacturers have been producing and marketing the matic types of motorcycles. One manufacturer that has launched a kind of matic motorcycle is Yamaha with Mio brand.
The purposes of this study were to test and prove either simultaneously or partially the influence of Siddeeq (right), fathanah (intellectual), amanah (reliable), tabligh (communicative) and the place on purchase decisions of matic yahama motorcycles in Malang City. As well as to test and prove the Rasulallah’s four key factors of succees and a mix marketing variable of place, the one has the dominant influence on purchase decisions.
The research was conducted in Malang City. This study used a sample of 320 respondents. The sampling was conducted through purposive sampling. In this research, the data analysis used were multiple linear regression model. Before performing regression analysis, then tested the validity, reliability and the classical assumptions tests, so that the data generated will be good. Based on this research it can be concluded that Siddeeq (right), fathanah (intellectual), amanah (reliable), tabligh (communicative) and place either simultaneously or partially have a significant influence on purchase decisions. It is shown from the calculation of test F (simultaneously) which shows that F calculated> F table and also from the calculation of the t test (partial) showing that the t count> t table. Variables that have the most dominant influence on purchase decisions is the place. It is shown from the calculation of beta values for 0461. So it can be concluded that Siddeeq (right), fathanah (intellectual), amanah (trusted), tabligh (communicative) and the place have an equal important role in improving purchase decisions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Shidiq (benar); fathanah (intelektual); amanah (terpercaya); tabligh (komunikatif); dan tempat; Siddeeq (right); fathanah (intellectual); trust (trusted); sermons (communicative) and place | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 09:59 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 09:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45558 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |