Novita, Purwanti Eka (2009) Studi Komparatif prestasi belajar mata pelajaran ekonomi antara yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Non LKS (Ceramah) pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri I Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2008/2009. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05510009.PDF - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Proses belajar mengajar merupakan inti dari suatu proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Di dalam proses untuk mengembangkan pendidikan ini juga tak bisa lepas dari penggunaan metode untuk mengajar dan sumber belajar yang digunakan. Salah satu dari sekian banyaknya sumber belajar adalah penggunaan LKS. LKS berisi tentang uraian materi secara singkat, tujuan pembelajaran dan sejumlah pertanyaan yang harus dijawab siswa. Manfaat yang diperoleh dari LKS bagi siswa yaitu mengaktifkan dalam proses pembelajaran, membantu di dalam mengembangkan konsep dan membantu memperoleh catatan tentang materi. Mengingat pentingnya penggunaan LKS bagi siswa maka bagi semua pihak terutama guru agar dapat memanfaatkan sumber belajar ini didalam proses belajar mengajar, hal ini diharapkan agar prestasi belajar yang diperoleh peserta didik meningkat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat prestasi belajar yang menggunakan LKS siswa kelas VII A dan yang tidak menggunakan LKS siswa kelas VII B mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung serta menjelaskan perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan LKS dan yang tidak menggunakan LKS mata pelajaran ekonomi siswa kelas VII di SMP Negeri I Rejotangan Tulungagung.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam pendekatan kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah kelas VII A dan kelas VII B SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2008 / 2009 yang berjumlah 92 peserta didik. Dan didalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode tes. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan metode statistik Uji t.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwasanya prestasi belajar peserta didik kelas VII A yang menggunakan LKS mempunyai nilai yang lebih baik dibandingkan dengan nilai peserta didik kelas
VII B yang tidak menggunakan LKS. Dengan pembuktian derajat kebebasan N = 46 sesuai dengan taraf signifikan 5% diperoleh t hitung = 2,290, t tabel = 1,993 ( t hitung > t tabel ) dan f hitung = 2,953, f tabel = 1,646 ( f hitung > f tabel ) ini berarti bahwa hipotesis alterntif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Kesimpulan yang diperoleh ada pengaruh penggunaan LKS terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VII di SMP Negeri I Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2008 / 2009.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | LKS; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 08:23 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45555 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |