Responsive Banner

Implementasi Total Quality Manajemen(TQM) di sekolah: Studi kasus di SMK PGRI 3 Tlogomas Kota Malang

Irawan, Bambang (2009) Implementasi Total Quality Manajemen(TQM) di sekolah: Studi kasus di SMK PGRI 3 Tlogomas Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
05130028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (860kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Memasuki era otonomi yang baru, setiap sekolah baik swasta maupun negeri diharapkan untuk bisa madiri dan mampu untuk menggali potensi yang ada di dalam sekolahnya. Suatu tantangan yang patut mendapat respon dari pihak penyelenggara sekolah negeri atau swasta, agar di era otonomi mereka harus dapat mengoptimalkan kinerja mereka tanpa ketergantungan pada pemerintah. Pihak sekolah harus benar-benar menata kembali lembaga persekolahan dengan manajemen modern dan profesional. Sekolah negeri atau swasta harus benar- benar inovatif memberdayakan potensi sekolah di tengah masyarakat menampilkan produktivitas yang tinggi, sehingga ketergantungan tersebut bisa dikurangi. Sekolah merupakan salah satu tumpuan untuk memperbaiki sumber daya manusia. Oleh karena itu, sekolah merupakan tempat utama dalam memperbaiki kualitas dan persiapan dini untuk menghadapai kompetisi yang ada pada zaman sekarang ini oleh sebab itu sekolah perlu menyiapkan sumber daya menusia yang berkualitas agar dapat bertahan dalam masa sulit seperti ini yang meliputi: tenaga pengajar (guru), anak yang diajar (siswa) dan personil lainnya sebagai sarana dan prasarana belajar mengajar. Dalam proses tersebut, sesuatu yang tidak dapat dilupakan adalah bagaimana membuat siswa menjadi berkualitas.

Berdasarkan latar belakang di atas yang menjadi fokus penelitian ini adalah Pertama, bagaimana kesesuaian antara implementasi dengan dokumen mutu?. Kedua, bagaimana proses audit internal dilakukan?. Ketiga, bagaimana dampak penerapan ISO 9001: 2000 terhadap perkembangan sekolah?

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan mengunakan metode observasi, Interview atau wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 3 Tlogomas Kota Malang. Ketiga metode ini dirasa cukup untuk mendapat data-data yang dibutuhkan dalam penulisan ini.

Setelah melalui tahap pengumpulan dan analisa data temuan penelitian dalam skripsi ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, kesesuaian antara implementasi dengan dokumen Mutu tidak bisa sesuai secara keseluruhan, hal ini dikarena permasalahan setiap semester berbeda walaupun sudah ada pencegahan tetapi ada saja permasalahan yang tidak diduga. Kedua, proses audit internal di SMK PGRI 3 Tlogomas Kota Malang dilakukan setiap 6 bulan atau 1 semester dengan cara perencanaan dengan pembuatan jadwal, mengerjakan sesuai jadwal, pelaksanaan audit dengan mengunakan dokumen-dokumen, dilakukan, pengecekan dan pencegahan. Ketiga, dampak dari penerapan ISO 9001:2000 sangat berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sekolah SMK PGRI 3 Tlogomas Kota Malang itu dibuktikan dengan banyak animo masyarakat menyekolahkan putra putrinya di SMK PGRI 3 Tlogomas Kota malang, selain kinerja seluruh karyawan menjadi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Prabowo, Sugeng Listyo
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPrabowo, Sugeng ListyoUNSPECIFIED
Keywords: Implementasi Total Quality Manajemen; Sekolah
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:23
Last Modified: 27 Jan 2023 08:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45552

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item