Pratiwi, Yulia Ika (2009) Analisis pengoptimalan strategi dalam memperkuat daya saing melalui keunggulan kualitas produk: Studi kasus Pabrik Krupuk Citra Rasa Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05130027.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Memiliki daya saing yang tinggi, kini bukan lagi sekedar kebutuhan, melainkan suatu keharusan. Karena, tanpa daya saing yang tinggi, mustahil suatu bisnis dapat bertahan, apalagi memenangkan persaingan. Dalam situasi persaingan global yang semakin kompetitif, persoalan kualitas produk menjadi isu sentral bagi setiap perusahaan. Kualitas produk telah menjadi tema universal dalam perekonomian global dan terus menentukan dinamika persaingan dibanyak industri. Saat ini, kualitas produk merupakan hal penting di semua lingkungan industri dan kondisi yang diperlukan. Tanpa barang-barang dan jasa yang berkualitas, daya saing strategi tidak dapat dicapai. Keadaan saat ini tentu memaksa para pengusaha untuk dapat berfikir dan bertindak dengan lebih kritis dan inovatif dalam menghadapi persaingan, kondisi tersebut yang dihadapi oleh pemilik pabrik krupuk citra rasa jombang, adanya 11 pabrik krupuk dalam satu desa dengan jenis krupuk yang sama sudah dapat diketahui bahwa yang ada sangat ketat. Salah satu cara yang dilakukan oleh pabrik krupuk citra rasa jombang dalam menghadapinya adalah mengedepankan kualitas produknya mulai proses sampai produk jadi yang dihasilkan. Oleh sebab itu disini penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian tentang ”analisis strategi dalam memperkuat daya saing melalui keunggulan kualitas produk (studi kasus pabrik krupuk citra rasa jombang)”.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengoptimalan strategi dalam memperkuat daya saing melalui keunggulan kualitas produk pabrik krupuk citra rasa jombang, untuk mengetahui kemampuan daya saing pabrik krupuk citra rasa jombang, untuk kondisi lingkungan pabrik krupuk citra rasa jombang dalam pengoptimalan strategi daya saing melalui keunggulan kualitas produk, dan untuk mengetahui implementasi strategi daya saing pabrik krupuk citra rasa jombang.
Penelitian yang digunakan oleh penulis ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung ke lokasi penelitian, sehingga dalam hal ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya, melakukan wawancara dengan pihak yang bersangkutan dengan masalah yang diteliti serta sebagai pelengkap dan penguat data penelitian penulis menyertakan dokumentasi yang ada dilapangan. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis SWOT, yakni identifikasi faktor internal dan eksternal untuk mengetahui ancaman (Threths), peluang (Opportunities), kelemahan (Weaknesses), dan kekuatan (Strenghs), kemudian dianalisis untuk mengetahui kondisi perusahaan yang diteliti serta merumuskan strategi yang cocok digunakan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disampaikan bahwasannya Pengoptimalan strategi daya saing yang dilakukan oleh pabrik krupuk citra rasa jombang terdapat dalam 2 segi yaitu Segi internal, yang paling dioptimalkan pada segi ini adalah kekuatan yang dimiliki oleh pabrik krupuk citra rasa jombang yakni pada aspek manajemen, dan produksi untuk meminimalkan kelemahan pada aspek pemasaran dan keuangan, sedangkan segi eksternal yang dioptimalkan adalah memanfaatkan peluang dari aspek ekonomi, politik, demografi, geografi, teknologi, pemasok, dan pemerintah untuk menghadapi ancaman dari para pesaingnya. Berdasarkan analisis SAP, ETOP, dan SWOT pabrik krupuk citra rasa jombang menghadapi peluang pasar yang besar tetapi dihadang oleh keterbatasan keterbatasan kemampuan karena berbagai kelemahan yang melekat dalam tubuh satu satuan bisnis tersebut. Kondisi lingkungan perusahaan dalam pengoptimalan strategi daya saing melalui keunggulan kualitas produk pabrik krupuk citra rasa jombang yaitu pada lingkungan internal kekuatan yang dimiliki adalah produksi yang sudah menggunakan mesin, mempunyai kualitas produk yang dapat diandalkan, dan mendapat citra baik dari konsumen, pelanggan, dan masyarakat. Sedangkan kekurangannya adalah tidak menjalankan pemasaran, pengelolaan keuangan yang kurang baik dan performa produk yang kurang menarik. Sedangkan pada lingkungan eksternal peluang yang dimiliki pabrik krupuk citra rasa jombang adalah dari faktor ekonomi, demografi, geografi, teknologi, pemerintah dan pemasok, dan ancaman didapat dari pesaing, pesaing baru, dan intensitas persaingan. Hasil analisis SWOT juga menunjukkan saran dan implementasi strategi yang cocok digunakan pada pabrik krupuk citra rasa jombang adalah strategi putar haluan yaitu mengambil berbagai langkah untuk mengatasi kelemahan yang dihadapi agar peluang besar dapat dimanfaatkan dengan baik dan daya saing yang dimiliki pabrik krupuk citra rasa dapat menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengoptimalan Strategi dalam Memperkuat Daya Saing; Keunggulan Kualitas Produk | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 08:26 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45551 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |