Hamid, Ahmad (2011) Pengaruh Iklan Rokok Sampoerna hijau terhadap keputusan pembelian masyarakat Ganjaran Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510061.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
In marketing activity, good marketing communication strategy is how the company is able to give good information to public especially customer target about their product, one of good marketing communication is advertising using mass media or electronics media to get customer attention and doing purchase decision toward their product. The research of Sampoerna Hijau advertisement is based on the researcher’s interest of the unique concept of this advertisement and having different with other general advertisements. Generally, advertisements use famous people or celebrity as the model, but Sampoerna Hijau always uses new face or not famous person. Beside, Sampoerna Hijau tries to combine two different backgrounds between customers and movie scene and theme is about spirit of integrity and friendship essence is the important aspect showed by Sampoerna Hijau.
Variables used in this research consist of independent variable and dependent variable. Independent variable is advertisement (X) which consist of message content (X1), message structure (X2), message format (X3), and message source (X4). Dependent variable is costumer purchase decision variable (Y). The research method used in this research is survey. The population used in this research is Ganjaran Gondanglegi Malang society that ever doing purchase and consume Sampoerna Hijau cigarette. The sample used in this research totally 98 respondents that chosen as Random Sampling. The instrument used in this research is questionnaire.
The result of the research can be concluded that message content (X1), message structure (X2), message format (X3), and message source (X4) as simultaneous and partial have significance influence toward purchase decision (Y). It is showed by the calculate result of F test (simultaneous) showed that Fcalculate > Ftable, and also the result of T test (partial) showed that Tcalculate > Ttable. Variable of message format (X3) is the most dominant variable that influence costumer purchase decision because it has regression coefficient score (beta) the biggest is 0,613 (61,3%). So it can be concluded that message content (X1), message structure (X2), message format (X3), and message source (X4) influence costumer purchase decisions of Ganjaran Gondanglegi Malang society.
ABSTRAK
Dalam kegiatan pemasaran, strategi komunikasi pemasaran yang baik adalah bagaimana perusahaan tersebut mampu menginformasikan dengan baik kepada publik khususnya pelanggan sasaran mengenai keberadaan produk mereka, salah satu bentuk komunikasi pemasaran tersebut adalah periklanan dengan menggunakan media massa atau elektronik yang bertujuan untuk meraih perhatian konsumen terhadap produk serta melakukan keputusan pembelian terhadap produk tersebut. Penelitian pada iklan Sampoerna Hijau ini didasari oleh ketertarikan peneliti pada konsep iklannya yang unik dan berbeda dari pola umum semua iklan yang ada dengan membalik kemapanan iklan. Pada umumnya iklan menggunakan orang terkenal atau selebritis sebagai model iklan, akan tetapi Sampoerna Hijau selalu menampilkan wajah-wajah baru atau bukan orang-orang yang populer. Selain itu Sampoerna Hijau mencoba untuk menggabungkan dua latar belakang yang berbeda antara penonton dengan adegan film dan tema yang diusung mengenai Semangat kebersamaan dan esensi persahabatan adalah aspek terpenting yang diangkat Sampoerna Hijau.
Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yakni iklan (X) yang terdiri dari variabel isi pesan (X1), srtuktur pesan (X2), format pesan (X3) dan sumber pesan (X4). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel Keputusan Pembelian Konsumen (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan model penelitian survey. Sedangkan populasi yang digunakan adalah Masyarakat Desa Ganjaran Gondanglegi Malang yang pernah melakukan pembelian dan mengkomsumsi rokok Sampoerna Hijau. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 98 responden yang dipilih secara random sampling. Dengan instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Isi Pesan (X1), Struktur Pesan (X2) Format Pesan (X3) dan Sumber Pesan (X4) baik secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji F (simultan) yang menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel dan juga dari hasil perhitungan uji t (parsial) yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Variabel Format pesan (X3) merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen karena mempunyai nilai koefisien regresi (beta) paling besar yakni 0,613 ( 61,3%). Jadi dapat disimpulkan bahwa isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan memiliki peran yang sama penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat Ganjaran Gondanglegi Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Advertise; Purchase Decision; Iklan; Keputusan Pembelian | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 09:59 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 09:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45548 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |