Nikmah, Faridlatun (2009) Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak Penyandang Autis di Sekolah Autis River Kids Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110009.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam sangat penting diberikan pada anak usia dini, terutama dalam menghadapi era globlalisasi yang berdampak pada pergaulan bebas para remaja, pengkonsumsian ganja dan narkotika, free sex dan sebagainya. Hal ini bila tidak diperhatikan dengan serius akan merugikan tunas genersi muslim masa depan. Penanaman nilai-nilai tersebut penting untuk semua anak muslim baik anak berkebutuhan umum maupun berkebutuhan khusus (ABK) khususnya anak penyandang autis. Dalam penanaman nilai-nilai tersebut anak penyandang autis memerlukan pandampingan yang disertai ketelatenan secara khusus. Sebab kondisi anak autis berbeda dengan anak normal yang mampu secara cepat menangkap dan memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru.
Dari fenomena di atas, maka peteliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak penyandang autis di sekolah autis River Kids Malang, problematika guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak Penyandang autis di sekolah autis River Kids Malang, serta kendala guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak penyandang autis di sekolah autis River Kids Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak penyandang autis disekolah autis River Kids Malang, untuk mengetahui problem- problem guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak penyandang autis di sekolah autis River Kids Malang, serta mengetahui kendala guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak penyandang autis di sekolah autis River Kids Malang.
Kajian teori dalam penelitian ini mencakup: (1) pembahasan tentang guru, yang meliput: syarat-syarat menjadi guru, tugas dan tanggung jawab guru,serta peran dan fungsi guru. (2) pembahasan tentang nilai-nilai pendidikan agama Islam, yang meliputi: pengertian nilai-nilai pendidikan agama Islam, landasan dan tujuan nilai pendidikan agama Islam, serta macam-macam nilai pendidikan agama Islam.(3) pembahsan anak penyandang autis, yang meliputi: pengertian anak penyandang autis, hak-hak anak penyandang autis,serta penyebab dan kreteria anak penyandang autis. Dan (4) pembahasan terakhir tentang guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama islam pada anak penyandang autis, yang meliputi: upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam, problematika guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak penyandang autis, serta kendala guru dalam menanmakan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada penyandang autis.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsaan data dilakukan dengan teknik presistant (ketekunan pengamatan), triangulasi dan peerderieting (pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak penyandang autis di sekolah autis River Kids Malang, dengan pembelajaran ibadah sholat, wudlu, do’a-do’a dan lain sebagainya dengan media gambar melaui proses pengenalan, pemahaman, serta pembiasaan. (b) problematika guru dalam menanmakan nilai pendidikan agama Islam di sekolah autis River Kids Malang, adalah adanya ciri-ciri yang dimiliki anak penyandang autis sehingga proses penanaman nilai pendidikan agama Islam perlu adanya keletatenan dan kesabaran. (c) kendala guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak penyandang autis di sekolah autis River Kids Malang adalah karena adanya dua faktor yaitu: 1) interen (mood anak kurang, perilaku aneh muncul tiba-tiba, sehingga proses pembelajaran penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam kurang optimal, 2) eksteren (kondisi anak dengan teman, kadang anak bisa bersosilisasi dengan baik kadang tidak sama sekali, dan ada yang takut akan tembok sehingga guru harus bisa melihat karateristik anak tersebut dan di tangani secara khusus, serta memilih metode yang cocok bagi anak).
Dari hasil penelitian tersebut maka penulis menyarankan kepada guru untuk meningkatkan profesionalismenya dalam mengajar dan lebih kreatif dalam memanfaatkan berbagai media yang cocok bagi mereka sehingga penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak penyandang autis dapat berjalan dengan optimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Anak Penyandang Autis | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 09:53 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 09:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45539 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |