Maesaroh, Siti (2009) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS di MAN Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05130021.PDF - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (397kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Tinggi rendahnya prestasi belajar siswa pada dasarnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor tersebut menjadi variabel dalam penelitian ini. Yaitu variabel status sosial ekonomi orang tua, lingkungan sekolah dan motivasi belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah(1) Apakah status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di MAN Kota Blitar (2) Apakah lingkungan sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di MAN Kota Blitar (3) Apakah motivasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di MAN Kota Blitar (4) Apakah status sosial ekonomi orang tua, lingkungan sekolah dan motivasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di MAN Kota Blitar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori (penelitian penjelasan) yaitu suatu jenis penelitian yang berusaha untuk menguji hipotesis yang menyatakan hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini berlokasi di MAN Kota Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN Kota Blitar tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 280 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 30% yaitu 84 orang siswa dengan teknik random sampling. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengungkap status sosial ekonomi orang tua(X1), lingkungan sekolah(X2) dan motivasi belajar(X3). Dokumentasi untuk mengungkap variabel prestasi belajar (Y). Adapun analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian yang didapat yaitu ada pengaruh variabel status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,336 dan t tabel 1,988 (2,336>1,988). Ada pengaruh variabel lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,208 dan t tabel 1,988 (2,208>1,988). Ada pengaruh variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,320 dan t tabel 1,988(2,320>1,988). Pengaruh variabel X1,X2, dan X3 terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai F hitung 12,938 dan F tabel 2,718 (12,938>2,718). Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari status sosial ekonomi orang tua,lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dengan demikian hipotesis yang diajukan telah terbukti kebenarannya dan dapat diterima. Bahwa status sosial ekonomi orang tua,lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar siswa. Adapun persamaan yang diperoleh: Y = 44,465 + 0,219X1 + 0,266X2 + 0, 275X3.
Dengan demikian diharapkan orang tua selalu mengawasi, mengarahkan serta membimbing anak dalam belajar. Memberikan dorongan dan motivasi yang intensif dan berkesinambungan terhadap belajar anaknya serta menciptakan lingkungan yang baik untuk belajar anaknya supaya prestasinya baik. Bagi para orang tua yang status sosialnya rendah diharapkan selalu menambah wawasan dan pengetahuannya dengan cara sering mengikuti kegiatan keilmuan baik di lingkungan sekitarnya atau tempat lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Status Sosial Ekonomi; Lingkungan Sekolah; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 08:26 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2023 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45537 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |