Widiyanita, Rahma (2007) Pengaruh kegiatan menghafal Al-Quran terhadap Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam: Studi kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurul Fikri di Sukorejo-Gandusari, Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
02140017.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (839kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Al-Quran adalah satu-satunya kitab suci yang dihafal oleh ribuan umat manusia dari seluruh penjuru dunia sepanjang zaman. Dalam usia kanak-kanak (usia pra sekolah dan sekolah dasar), kegiatan menghafal Al-Quran sangat urgen ditanamkan dalam ingatan mereka agar ingatan mereka yang masih bersih terisi dengan hal-hal yang bermanfaat, meskipun yang dihafalkan itu tidak harus keseluruhan (30 juz). Paling tidak mereka telah dilatih hafalan sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, orang tua dan para pendidik hendaknya memberikan perhatian dan bimbingan yang tepat agar para generasi muda ini menjadi generasi berprestasi yang bermanfaat bagi agama.
Manusia dikatakan belajar jika mengalami perubahan tingkah laku yang relatif permanen, perubahan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, keterampilan yang terjadi dalam individu sebagai hasil interaksinya dengan lingkungannya. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan seseorang dalam proses belajar, perlu dilakukan pengukuran seberapa jauh pengalaman belajar telah tertanam pada diri seseorang. Dengan kata lain harus dilakukan evalusi terhadap proses belajar. Evaluasi dapat dilakukan secara kuantitatif maupun kualitatif. Di dunia pendidikan, biasanya pengukuran dilakukan secara kuantitatif dan diwujudkan dalam bentuk prestasi akademik. Demikian pula halnya dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang diajarkan di sekolah perlu adanya pengukuran sejauh mana keberhasilannya, terutama yang berkaitan dengan muatan materi pembelajaran Al Quran. Oleh karena itu, maka Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurul Fikri menyusun materi pembelajaran Al-Quran yang dievaluasi secara kualitatif maupun kuantitatif.
Berpijak dari paparan di atas, maka penulis terdorong untuk mengambil judul penelitian “Pengaruh Kegiatan Menghafal Al-Quran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”, dimana penulis mengambil penelitian studi kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri di Sukorejo-Gandusari, Trenggalek. Adapun rumusan masalah yang penulis ambil adalah; Bagaimana deskripsi kegiatan menghafal Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri-Trenggalek, dan apakah ada pengaruh positif kegiatan menghafal Al-Quran terhadap peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri-Trenggalek.
Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, interview dan dokumentasi. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jenis purposive sample yaitu siswa kelas V dan VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurul Fikri Trenggalek dengan jumlah populasi 123 siswa dan sampel sebanyak 20 %. Uji
validitas menggunkan teknik korelasi Product Moment sedangkan uji reabilitas menggunakan teknik Alfa Chonbach dengan bantuan komputer. Selanjutnya untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungkan dengan menggunakan teknik Product Moment. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan ada pengaruh positif antara kegiatan menghafal Al-Quran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, dengan rangkuman hasil analisa regresi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Menghafal Al-Quran; Prestasi Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 09:53 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 09:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45528 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |