Rohman, Miftakhur (2009) Strategi pembelajaran aktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN I Kandangan Kab. Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110005.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (344kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Ketika tanpa disadari zaman semakin hari semakin berkembang dengan pesat. Secara langsung maupun tidak langsung dalam dunia pendidikan akan mendapat pengaruh dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri. Sudah dapat diketahui bersama bahwa dampak dari perkembangan itu sangat mempengaruhi masyarakat terutama di kalangan pendidikan yaitu siswa. Mereka dapat mengakses setiap informasi dengan mudah dan cepat. Dan dari hal inilah mereka rentan sekali terhadap pengaruhnya, terutama pola berpikir dan gaya hidup mereka.
Dari sini peran pendidik sangatlah dibutuhkan dalam membimbing dan membentuk karakter mereka melalui pembelajaran yang menyenangkan terutama guru agama karena guru agama merupakan barometer pembentukan akhlak, seorang yang digugu lan ditiru. Guru dituntut memiliki multiperan sehingga mampu menciptakan kondisi belajar yang efektif, guru harus meningkatkan belajar siswa dan meningkatkan kualitas mengajarnya, tidak menempatkan dirinya di atas kedudukan siswa, akan tetapi mendudukkan dirinya disamping siswa, melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi belajar aktif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN I Kandangan Kab. Kediri dan apa faktor pendukung dan penghambat strategi belajar aktif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN I Kandangan Kab. Kediri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum tentang strategi belajar aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN I Kandangan Kab. Kediri, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi belajar aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN I Kandangan Kab. Kediri.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yang uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang ada.
Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa strategi belajar aktif dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN I Kandangan Kab. Kediri sudah berjalan dengan baik, walaupun ada kekurangan sedikit. Antara lain siswa aktif bertanya tentang pelajaran yang belum paham, aktif mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Diantara metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN I Kandangan Kab. Kediri adalah metode ceramah, bercerita, demonstrasi, tanya jawab, diskusi, resitasi, problem solving, drill/latihan, hafalan, dan bermain peran.
Sedangkan yang menjadi faktor pendukung dari strategi belajar aktif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN I Kandangan Kediri adalah adanya kemauan belajar siswa yang tinggi, kepedulian dari guru agama dalam mengajar dan membimbing anak didiknya dengan telaten, adanya fasilitas dan sumber belajar yang menunjang untuk mempelajari dan mempraktekkan apa yang ada dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dan yang menjadi faktor penghambat adalah adanya sebagian siswa yang tidak berani untuk menyampaikan pendapatnya, dan latar belakang siswa yang berbeda-beda. Faktor penghambat tersebut menjadi kendala tersendiri dalam strategi belajar aktif pada pencapaian tujuan pembelajaran pendidikan Agama Islam di sekolah.
Untuk mengatasi faktor-faktor penghambat tersebut, guru Pendidikan Agama Islam di SMAN I Kandangan Kediri melakukan berbagai upaya, agar dalam pelaksanaan strategi belajar aktif dapat sepenuhnya diterapkan dengan menggunakan metode yang bervariasi, menciptakan komunikasi dengan cara bekerjasama dengan para orang tua siswa dalam meningkatkan motivasi dan dukungan moral pada siswa dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga dapat menumbuhkan keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Pembelajaran Aktif | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:39 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45520 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |