'Aini, Nur (2009) Pendidikan anak dalam kandungan: Studi kasus ibu hamil di Desa Doudo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04120042.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Judul skripsi ini diangkat dari keprihatinan penulis terhadap banyaknya orang tua yang memulai pendidikan pada anak-anaknya saat ia telah lahir kedunia, yang seharusnya pendidikan itu dimulai dalam kandungan. Dengan orang tua menerapkan pendidikan anak dalam kandungan, orang tua telah menyiapkan keturunan yang berkualitas. Karena pendidikan anak itu tidak bisa dilepaskan pada masa sebelumnya yang telah diawali dari sejak persiapan atau pemilihan jodoh dan waktu melakukan hubungan seksual. Dari itulah, awal pendidikan anak dalam kandungan merupakan masa yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa akan datang.
Kajian teoritis yang berupa literatur-literaur sangat dibutuhkan untuk
kelancaran penulisan skripsi ini hingga sesuai dengan judul yang telah penulis tentukan. Dalam hal literatur yang dibutuhkan adalah meliputi: Dasar pendidikan anak dalam kandungan, peran Ibu mendidik anak dalam kandungan, cara Ibu mendidik anak dalam kandungan, dan tujuan Ibu mendidik anak dalam kandungan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan
menekankan pada kekuatan analisis data dan sumber-sumber data yang ada, sehingga hasil penelitian tidak berupa angka-angka melainkan berupa wawancara mendalam, pengamatan berperan serta dan studi dokumentasi. Sedangkan data yang terkumpul dari ketiga tekhnik tersebut diperiksa keabsahannya dengan menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian ini ditemukan cara yang dilakukan Ibu hamil di Desa Doudo untuk mendidik anak dalam kandungan. Bila ibu melakukannya sendiri tanpa bantuan, dengan memakai kertas yang dibuat seperti cerobong, sebagai alat interaksi antara janin dan ibu, dan bila langsung dengan suami, suami bisa langsung menempelkan pipi keperut Ibu untuk berinteraksi langsung kepada janin. Bahkan saat melakukan hubungan Seksual, yaitu dengan secara seks Islami. Dan sambil bermunajah kepada Allah SWT, agar dikaruniai anak yang shaleh/shalehah, menjadi teladan bagi umat, berbakti kepada Allah SWT, dan dijauhkan dari setan yang menakutkan, dan lain-lain. Adapun kendala-kendala yang dialami ibu hamil selama mendidik anak dalam kandungan, antara lain: Emosi sudah mulai labil. Gejolak emosi seperti wanita menjelang menstruasi, seperti: mudah tersinggung, cengeng, tidak rasional, dengan mood (suasana hati) yang berubah-ubah. Terkadang bergairah, terkadang loyo, terkadang penuh imajinasi, terkadang hampa. Yang semua itu akan berakibat akan kegiatan- kegiatan berlangsung.
Hasil penelitian ini, peneliti berharap semoga penelitian ini dijadikan khsanah yang konstruktif dalam kaitannya dengan dunia pendidikan anak. Yang seharusnya dimulai memberikan pendidikan dalam kandungan, dan mampu menghasilkan keturunan yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan; Anak dalam Kandungan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:38 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45504 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |