Maghfur, Mu'iz (2009) Standar Kompetensi Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04310142.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (533kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Guru mempunyai fungsi dan peran serta kedudukan yang sangat penting dan setrategis dalam pembangunan nasional dalam bidang pendidikan.Untuk mewujudkan Pembangunan Nasional dalam bidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia indonesia yang beriman, bertaqwa dan berakhlaq mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, tehnologi, dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, dan beradap.
Seorang guru tidak cukup hanya memiliki kemampuan mengajar (dikdaktik), tetapi juga kemampuan lain agar selalu tidak kalah dengan pengetahuan yang dimiliki oleh murid-muridnya.
Berpijak dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah:
(1) Bagaimana hakekat guru dalam perspektif pendidikan Islam (2) Apa standar kompetensi guru dalam perspektif pendidikan Islam. Adapun tujuan dari rumusan masalah tersebut adalah: (1) Mendiskripsikan hahekat guru dalam perspektif pendidikan Islam; (2) Mengetahui standar kompetensi guru dalam perspektif pendidikan Islam.
Dalam penulisan skripsi ini murni menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Sesuai dengan jenis dan sifat data yang diperoleh dari penelitian ini, maka tehnik analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Weber, sebagaimana dikutip oleh Soejono dan Abdurrahman, mengatakan bahwa analisis isi adalah metodologi penelitian yang memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan yang sohih dari sebuah buku atau dokumen.
Hasil analisis menunjukkan bahwa standar komptensi guru dalam perspektif pendidikan Islam sebagaimana di ungkapkan oleh Muhaimin, dalam bukunya yang berjudul ”Paradigma Pendidikan Islam”, dan Mulyasa dalam bukunya yang berjudul ”Standar kompetensi dan sertifikasi guru” yang dikaji dari beberapa pakar intelektual muslim adalah: (1) kompetensi Kepribadian (personal- relegius); (2) kompetensi sosial (sosial-relegius); (3) kompetensi profesional (profesional-relegius), dan; (4) kompetensi pedagogik.
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam perspektif pendidikan Islam meliputi: (1) kompetensi Kepribadian (personal- relegius); (2) kompetensi sosial (sosial-relegius); (3) kompetensi profesional (profesional-relegius), dan ; (4) kompetensi pedagogik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; Kompetensi; Guru | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:38 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45500 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |