Nisa’, Fitri Zumrotin (2009) Pengaruh kualitas Produk Kosmetik Pond’s PT. Unilever terhadap keputusan pembelian pelanggan pada PT. Sanrio Swalayan Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05130004.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (748kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam Dunia yang semakin maju dan terus berkembang, dapat diprediksi bahwa pola hidup masyarakat juga mengalami perubahan yang cukup berarti. Produk kosmetik merupakan salah satu produk yang memiliki beberapa macam merek, jenis, sampai jalur distribusi yang kian lama kian bervariasi. Banyaknya produk kosmetik yang beredar di pasaran dengan keunggulannya masing-masing, membuat posisi persaingan antar merek di pasar menjadi begitu ketat. Hal ini membuat perusahaan kosmetik berlomba-lomba untuk memproduksi kosmetik dengan berbagai keunggulan atau spesifikasi yang berbeda dengan produk perusahaan lainnya untuk dapat menarik minat calon pembeli agar membeli produk yang dihasilkan. Karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui variabel kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Pond’s pada PT. Sanrio Swalayan Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di PT. Sanrio Swalayan Mojokerto tepatnya di area perkotaan Mojokerto. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan produk Pond’s yang berjumlah 90 orang. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi dan dokumentasi. Sedangakan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi sederhana dengan reliabilitas, validitas dan normalitas data, dan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya digunakan uji t.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas yaitu kualitas produk terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung 13,387 ≥ t tabel 1,991 dan nilai signifikannya 0.05. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa t hitung : 13,387 dan t tabel: 1,991 oleh karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha di terima. Pada level signifikan 0,05 sehingga variabel kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Dari hasil penelitian ini bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Karena apabila kualitas produk tidak tercapai maka tidak akan ada keputusan pembelian produk Pond’s. Saran yang dapat diberikan maka hendaknya harus lebih meningkatkan kualitas produk sesuai dengan yang dijanjikan, yaitu mencipatakan suatu produk yang berkualitas agar lebih banyak diminati oleh pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kualitas Produk; Keputusan Pembelian | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:29 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45497 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |