Sriwahyuni, Ucik (2009) Penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan: Studi kasus pada Usaha Kecil Sari Buah Apel Mia di Desa Wonosari Nongkojajar Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05130002.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (884kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Persaingan bisnis yang sangat tajam seperti era globalisasi saat ini, menuntut seseorang wirausahawan untuk menyiapkan strategi yang matang dan tepat apabila ingin memberikan kepuasan kepada pelanggan dan usahanya mampu bersaing dalam dunia global. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi "Bauran Pemasaran" (Marketing Mix) yang terdiri dari 4P (Product, Price, Promotion dan Place/distribution) sebagai alat-alat pemasarannya. Oleh karena itu wirausahawan harus memperhatikan produk, harga, promosi, dan tempat/distribusinyasecara efektif dan efisien. Selain itu wirausahawan juga perlu menerapkan beberapa strategi pemasaran, misalnya strategi relationship marketing, strategi unconditional service guarantee, membangun minat calon pelanggan dan lain sebagainya. Dengan demikian, setiap pelanggan akan merasa puas yang pada akhirnya akan senantiasa loyal terhadap usaha yang kita jalankan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan sari buah apel ”Mia” di desa Wonosari- Nongkojajar-Pasuruan, dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat pemasaran pada usaha kecil sari buah apel ”Mia” di desa Wonosari- Nongkojajar-Pasuruan.
Setelah melalui tahap pengumpulan dan analisa data, dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, bahwa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, usaha kecil sari buah apel “Mia” di desa Wonosari-Nongkojajar-Pasuruan telah menerapkan strategi bauran pemasaran. Hal ini berdasarkan pada unsur-unsur 4P dalam bauran pemasaran yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion) yang telah diterapkan oleh pengusaha sari buah apel “Mia” di desa Wonosari-Nongkojajar-Pasuruan. Unsur-unsur dalam 4P yang sudah diterapkan adalah: Produk (kualitas, cita rasa, desain, logo, nama merek, kemasan, dan garansi), Harga (penetapan harga ganda atau multiple pricing dan diskon), Promosi (Promosi penjualan (sales promotion) yaitu dengan memberikan harga khusus (special price) atau potongan harga (discoun), hubungan masyarakat (public relation), penjualan secara pribadi (personal selling), dan pemasaran langsung (direct marketing), Distribusi (dua saluran pemasaran, segmentasi pasar geografis, lokasi yang strategis, dan transportasi). Dalam memuaskan pelanggan usaha kecil sari buah apel “Mia” di desa Wonosari-Nongkojajar-Pasuruan sudah menerapkan beberapa strategi, di antaranya adalah strategi relationship marketing, superior customer service strategi unconditional service guarantee, strategi peningkatan kinerja perusahaan. Kedua, faktor-faktor pendukung dan penghambat pemasaran pada usaha sari buah apel ”Mia” di desa Wonosari- Nongkojajar-Pasuruan di antaranya: faktor pendukung adalah tersedianya bahan
baku, perubahan cuaca, kemajuan teknologi, eratnya hubungan emosional antara pemilik usaha dengan pegawai dan pelanggan dan peringatan hari besar Islam. Faktor penghambat adalah kurangnya ketersediaan bahan baku (karena kerusakan tanaman apel), kurangnya penyediaan tempat pengemas, minimnya dana dan media pemasaran, ketatnya persaingan dan persepsi konsumen yang berbeda- beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penarapan Strategi Pemasaran; Peningkatan Kepuasan Pelanggan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:29 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45494 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |