Bahtiar, Yanas (2011) Implementasi E-Commerce pada Hotel Kusuma Agrowisata Batu: Tinjauan alur pemesanan kamar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510046.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, telah menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan secara elektronika. Penggunaan internet tidak hanya terbatas pada pemanfaatan informasi yang dapat diakses melalui media ini, melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan transaksi atau yang lebih dikenal dengan E-Commerce, yang merupakan bentuk perdagangan secara elektronik melalui media internet. E-Commerce pada dasarnya merupakan suatu kontak transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Hotel Kusuma Agrowisata merupakan hotel yang memadukan konsep agribisnis dengan pariwisata secara menyeluruh. Hotel ini menyadari akan pentingnya pemasaran melalui media elektronik, salah satunya dengan mengembangkan situs website mereka (http: kusuma-agrowisata.com). Pelaku e-commerce di Hotel Kusuma Agrowisata meliputi divisi marketing yang memiliki jadwal tertentu untuk melayani pelanggan (buyers) tidak terlepas dari peran yang signifikan dari teknisi-teknisi bagian perawatan dan update dari website Hotel Kusuma Agrowisata. Jadi, Hotel Kusuma Agrowisata menerapkan sistem pemasaran salah satunya dengan menggunakan e-commerce guna mencapai tujuan perusahaan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengembangan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi data dan sumber. Wawancara dilakukan dengan beberapa informan dan mengacu kepada fokus penelitian, yaitu mengenai penerapan e-commerce dan implikasi penerapan e-commerce. Data yang berupa hasil wawancara kemudian direduksi sesuai dengan keperluan, lalu diambil kesimpulan sesuai dengan teori yang mendekati.
Setelah mengetahui penerapan e-commerce, mulai dari proses pemesanan hingga proses transaksi, kemudian dari hasil wawancara juga diketahui berbagai hambatan/kendala serta manfaat diterapkannya e-commerce oleh Hotel Kusuma Agrowisata Batu, untuk selanjutnya diketahui implikasi atau dampak penerapan e- commerce ditinjau dari sudut pandang pihak hotel, karyawan hotel dan pelanggan Hotel Kusuma Agrowisata Batu, serta didukung oleh data-data yang berkaitan, maka bisa diambil kesimpulan bahwa pemasaran model e-commerce yang diterapkan Hotel Kusuma Agrowisata Batu berdampak positif untuk meningkatkan pendapatannya.
ABSTRACT
With the development of information technology today, it has created many kinds and new business opportunities in which the transactions are conducted electronically more. The use of the Internet is not just limited to get the information accessible via this medium, but can also be used as a means to conduct transactions or better known as E-Commerce, which is a form of electronic commerce via the Internet. E-Commerce is primarily a contact trade transaction between sellers and buyers using the Internet media. So the process of ordering goods is communicated through the internet. Kusuma Agrowisata Hotel is a hotel that blends the concept of agribusiness to tourism as a whole. The hotel is aware of the importance of marketing through electronic media, one of them by developing their web site. Perpetrators of e-commerce at the Kusuma Agrowisata Hotel include marketing division which has a specific schedule to serve the customers (buyers), can’t be separated from the significant role of the maintenance technicians and updates from the website of Kusuma Agrowisata Hotel. So, Kusuma Agrowisata Hotel implements one of the marketing systems by using e-commerce in order to achieve the company goals.
This study used a qualitative descriptive method. Qualitative research is research that does not use mathematical models, statistics and computers. The research process was begun by establishing the basic assumptions and rules of thinking that will be used in the study. The assumptions and rules of thinking were then applied systematically in collecting and processing the data to provide explanations and arguments. The data from this study were obtained by conducting interviews, observations, and documentation. The development of data in this study was done by using triangulation of data and sources.
After learning the various obstacles / constraints and the benefits of e- commerce implementation by Kusuma Agrowisata Batu Hotel, then the research was conducted by triangulation methods and reviewed from the perspective of the hotel, hotel employees and customers of Kusuma Agrowisata Batu Hotel, and supported by the data related, then it can be concluded that e-commerce marketing model applied by Kusuma Agrowisata Batu Hotel is effective enough to increase their income.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan; E-commerce; Application; E-commerce | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 09:58 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 09:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45488 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |