Romlah, Siti (2010) Hubungan antara kreativitas guru ekonomi dengan minat belajar siswa di MAN Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05120050.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (920kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Guru adalah komponen yang sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar karena guru lebih mengetahui kondisi belajar dan permasalahan yang dihadapi oleh siswa. oleh karena itu, kreativitas guru sangat dibutuhkan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih kondusif dan dirasa menyenangkan oleh siswa sehingga dapat menarik minat belajar siswa. Sebab tanpa adanya minat belajar, siswa tidak akan memperhatikan pelajaran dan perubahan tidak akan terjadi. Dengan begitu, maka pengalaman belajar yang selama ini dilakukan menjadi sia-sia dan tujuan pembelajaran yang diinginkan tidak akan tercapai. Kreativitas merupakan keesanggupan guru dalam menciptakan sesuatu yang baru guna menemukan cara-cara baru untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan belajar siswa. Sedangkan minat belajar adalah suatu keinginan atau kemauan yang disertai dengan perhatian dan keaktifan yang disengaja dan akhirnya melahirkan rasa senang dalam proses perubahan tingkah laku, dari rasa senang ini akan membuahkan hasil sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Karena kebanyakan siswa sekarang menganggap belajar adalah musuh besar dan merupakan momok dari kehidupan mereka. Untuk itu, guru harus mengeluarkan kreativitasnya agar pandangan siswa tentang belajar lebih baik dan proses belajar berjalan dengan menyenangkan dan menarik minat siswa. Berdasarkan latar belakang ini, apakah kreativitas guru benar-benar mempunyai hubungan dengan minat belajar siswa di MAN Turen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kreativitas guru dengan minat belajar siswa di MAN Turen. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang terdiri dari variabel kreativitas guru (X) dan minat belajar siswa (Y). Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan aangket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan korelasi product moment, dan subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 55 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kreativitas guru dengan minat siswa mempunyai hubungan positif signifikan dengan hasil rxy = 0,492, kemudian niali rxy ini dikonsultasikan nilai tabel dalam taraf signiikan 5% dan hasil dari r tabel adalah 0,266. Sedangkan hasil statistik deskriptif dari tiga kategori didapatkan bahwa siswa yang menganggap kreativitas guru tinggi ada 47,27%, yang sedang 50,91% dan yang menyatakan rendah ada 1,82%. Sedangkan minat siswa yang tergolong
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreativitas Guru; Minat Belajar Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:29 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45487 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |