Mudawiyah, Umi (2009) Upaya pengurus untuk meningkatkan kesejahteraan anggota guru dan siswa: Studi kasus tentang simpan pinjam di Koperasi Sejahtera di MTs Miftahul Huda Bokor No. 13 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04130044.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pengurus adalah anggota koperasi yang memperoleh kepercayaan dari rapat anggota untuk memimpin organisasi koperasi untuk suatu periode tertentu. Penguruslah yang menentukan apakah program kerja yang telah disepakati oleh rapat anggota benar-benar dapat dijalankan.
Dalam UU No. 25 tahun 1992 tentang pokok-pokok perkoperasian Pasal 3 disebutkan bahwa koperasi sekolah bertujuan untuk memajukan kesejahteraan guru dan siswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Pernyataan ini mengandung arti bahwa meningkatkan kesejahteraan guru dan siswa adalah menjadi program utama koperasi sekolah melalui pelayanan usaha. Jadi dengan utama pelayanan anggota (guru dan siswa) merupaka prioritas utama dibandingkan dengan masyarakat umum.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah: termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, Penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, Penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data dengan menggunakan teknik analisis data prosentase.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwasanya perkembangan koperasi”Sejahtera” selama dua tahun telah menunjukkan kemajuan yang yang berarti. Ini semua berkat kerja keras kopersai”Sejahtera”, bantuan pemerintah serta pembinaan yang terus menerus dari instansi yang terkait. Maka kedua aspek (Kesejahteraan Anggota, Pengurus Koperasi, dan Pelayanan Anggota).
Implikasi ditinjau dari jumlah keanggotaan dan pelayanan terhadap anggota, menunjukkan kehadiran koperasi MTs. Sudah diterima, mulai mengakar dan dapat dirasakan manfaatnya baik oleh anggota dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya maupun oleh masyarakat disekitarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengurus dan Kesejahteraan Anggota (Guru dan Siswa) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:29 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45484 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |