Irwansyah, Irwansyah (2009) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04310003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Strategi merupakan sebuah komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, terlebih pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Strategi Pembelajaran pendidikan agama Islam ini merupakan salah satu upaya untuk menerapakan bagaimana nilai-nilai ajaran agama Islam yang ada pada tiap materi mampu diserap, dihayati serta bisa diamalkan oleh peserta didik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan oleh sekolah tersebut dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran tersebut.
Penelitian yang dilakukan penulis ini termasuk penelitian yang bersifat Deskriptif Kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, Untuk mendukung dari pemaparan data penulis juga menyertakan berbagai lampiran yang terkait dengan penelitian seperti foto, dokumen-dokumen dari kegiatan siswa. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan sebagai berikut, bahwa stategi atau cara yang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Nahdlatul Ulama tersebut mengguanakan berbagai cara, diantaranya pada kegiatan pembalajaran, yang menyangkut perbaikan sistem mengajar, kurikulum, penambahan jam mata pelajaran PAI, mata pelajaran ASWAJA, mata pelajaran metode membaca Al-Qur’an, adanya memodifikasi gaya mengajar guru, dan pengadaan serta perbaikan sarana penunjang pendidikan. selain itu adanya kegiatan ekstra/penunjang, yaitu kegaiatan keagamaan (Istighosah) yang wajib diikuti oleh semua siswa dan guru. Di lembaga ini mempunyai komitmen bahwa adanya sedikit program, tetapi bisa terlaksana program tersebut.
Faktor pendukung : a) Semangat siswa, b).Kegiatan sekolah yang sangat memperhatikan masalah agama, c) Tata tertip yang mendukung, d) Program yang terarah Kepada tujuan pendidikan, e) Guru-Guru yang berkualitas, f) Lingkungan sekolah yang kondunsif, g) Ekstrakulikuler yang mendukung, h). Sarana dan prasarana sekolah yang mendukung, 9). Peran aktif orang tua 10), Lingkungan luar sekolah. Sedangkan faktor penghambat : a) Latar belakang siswa, b) Minat serta semangat siswa yang terkadang kurang, c) kemampuan penangkapan siswa yang heterogen, d) kesadaran siswa yang kurang berdisiplin.
Sehingga kesimpulan yang didapat adalah bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nahdlatul Ulama Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang bervariatif dan penggunaan cara ini disesuaikan dengan materi, keadaan siswa dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45483 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |