Husniyah, Fatmawati (2009) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian Muslim di SMP Negeri 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04120050.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya kepribadian utama. Namun, fenomena yang terjadi saat ini adalah bahwa keberhasilan pendidikan hanya diukur dari keunggulan ranah kognitif dan nyaris tidak mengukur ranah afektif dan psikomotorik, sehingga pembinaan watak dan budi pekerti terabaikan. Hal inilah yang mendorong para remaja untuk melakukan berbagai kegiatan yang jauh dari norma agama. Oleh karena itu, pembinaan agama terhadap remaja sangat diperlukan.
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang mempunyai program yang sistematik dalam melaksanakan bimbingan, pengajaran dan latihan kepada anak (siswa) agar mereka berkembang sesuai dengan potensinya. Sekolah mempunyai pengaruh yang sangat besar tehadap perkembangan kepribadian remaja; karena sekolah merupakan substitusi dari keluarga dan guru-guru substitusi dari orang tua.
Dalam kaitannya dengan upaya mengembangkan kepribadian para siswa, maka sekolah terutama dalam hal ini guru agama mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan wawasan pemahaman, pembiasaan dalam mengamalkan ibadah atau akhlak yang mulia dan sikap apresiatif terhadap ajaran agama. Pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di sekolah khususnya diharapkan mampu membentuk kepribadian siswa agar dapat mengaktualisasikan nilai-nilai ajaran agama Islam.
Dalam prakteknya, penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Malang dengan judul, Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Di SMP Negeri 13 Malang. Sedangkan rumusan masalahnya yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 13 Malang, bagaimana upaya sekolah dalam membentuk kepribadian muslim, dan dampak pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap kepribadian siswa SMP Negeri 13 Malang.
Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 13 Malang, upaya-upaya sekolah dalam membentuk kepribadian muslim dan dampak pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pembentukan kepribadian siswa SMP Negeri 13 Malang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dalam penelitian ini hanya sebagai instrumen pendukung. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif yaitu mendiskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang telah didapat sehingga mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan aplikasi dari perencanaan pembelajaran (RP) yang telah dibuat oleh guru sebelumnya. Pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik, terbukti dengan dilaksanakannya sholat dhuha berjamaah di mushola, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran di kelas. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan beberapa metode, media, dan evaluasi yang disesuaikan dengan materi bahasan untuk memperlancar proses belajar mengajar.
Dalam pembentukan kepribadian muslim siswa SMPN 13 Malang, berbagai upaya sekolah telah dilakukan melalui kegiatan ekstrakulikuler IMTAQ, peringatan hari besar Islam, infaq jum’at, pemakaian pakaian muslim pada hari jum’at, ibadah baik sholat sunnah dan wajib, serta pengadaan sarana prasarana ibadah.
Pembelajaran PAI yang dilaksanakan di SMP Negeri 13 Malang membawa dampak yang besar terhadap perubahan sikap siswa namun kurang berpengaruh terhadap perilaku keagamaan dan pengetahuan keagamaan siswa. Untuk mencapai keberhasilan PAI dalam membentuk kepribadian muslim perlu adanya pengintegrasian materi keagamaan ke dalam mata pelajaran non- PAI, pengefektifkan kegiatan ekstrakulikuler IMTAQ agar dapat berjalan dengan maksimal dan perlu adanya kerjasama yang baik antara sekolah, orang tua dan masyarakat dalam membentuk kepribadian anak dan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif untuk menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Kepribadian Muslim | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45467 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |