Anwar, Khairul (2009) Penerapan Metode Pair Think Share dan Metode Jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII/A di MTs. Ahlussunnah Waljama’ah (Aswaja) Ambunten Sumenep. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04130023.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (991kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan seseorang, karena pendidikan pada hakikatnya adalah “usaha sadar membudayakan manusia atau memanusiakan manusia. Oleh karena itu metode mengar memiliki andil yang sangat besar dalam kegiatan belar mengajar. Karena metode, menempati posisi kedua terpenting setelah tujuan dari sederetan komponen pembelajaran. Dari paparan di atas , maka yang menjadi permasalahan adalah Bagaimana penerapan Metode Think Pair And Share dan Metode Jigsaw untuk meningkatkan mutivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII A di MTs Aswaja Ambunten.
Maka, tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini Untuk mengetahui penerapan Metode Think Pair And Share dan Metode Jigsaw untuk meningkatkan mutivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Aswaja Ambunten.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII/A MTs Ahlussunnah Waljama’ah (Aswaja) yang berjumlah 45 orang. Teknek pengumpulan data pada penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, data tentang kegiatan penerapan metode pair think share dan jigsaw diambil dengan menggunakan lembar pengamatan serta data hasil belajar yang diambil dari hasil setelah pembelajaran kemudian dianalisi menggunakan rumus :
P = PostRate − BaseRate ×100% BaseRate Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Pair Think Share dan Jigsaw memberikan banyak kontribusi diantaranya memudahkan siswa memahami materi melalui diskusi, siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran dan siswa mulai terlatih untuk bekerja sama dalam kelompok serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII/A, maka hasil pengamatan peningkatan motivasi siswa yang pada awalnya rata-rata sebersar 1,3 dan pada pertemuan kedua terdapat peningkatan yaitu dengan rata-rata sebesar 2,09 atau terjadi peningkatan 60,76 %. Pada siklus II atua pertemuan ketiga rata-rata 2,5 atau terjadi peningkatan 19,01%. Pada pertemuan keempat peningkatan rata-rata sebesar 3,09 atau terjadi peningkatan 32,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Think Pair And Share dan Metode Jigsaw; Motivasi; Mata Pelajaran IPS Terpadus | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:28 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45464 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |