Ihsan, Nurul (2009) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran Ekonomi di MAN Malang I Tlogomas. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04130016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pengertian ekonomi adalah mengenai peristiwa dan persoalan yang berkaitan dengan upaya manusia secara perseorangan (pribadi), kelompok (keluarga), suku bangsa, organisasi dalam memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dihadapkan pada sumber yang terbatas (Kelangkaan). Dalam dunia pendidikan, ilmu ekonomi bukan hanya sekedar sebagai mata pelajaran dan pelengkap pada sekolah-sekolah umum saja, akan tetapi harus menjadi ruhnya ilmu pada sekolah agama (madrasah). Ekonomi harus menjiwai seluruh isi kurikulum, seluruh proses pendidikan dalam memahami semua faktor-faktor pendidikan dan melandasi pembentukan aspek-aspek pendidikan, baik di dalam maupun di luar sekolah.
Berdasarkan uraian di atas, maka kiranya perlu diadakan suatu penelitian dengan mengangkat suatu topik yang dianggap sesuai dengan kondisi yang dihadapi dewasa ini, dengan judul “ Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang I Tlogomas” dengan subfokus 1. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam belajar siswa di MAN Malang I Tlogomas? 2. Bagaimana setrategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN malang I Tlogomas? Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam belajar siswa di MAN Malang I Tlogomas. 2. Mendiskripsikan setrategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN malang I Tlogomas.
Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah jenis penelitian kualitatif. Ini dilakukan karena sesuai dengan survei yang dilakukan yaitu memerlukan ketajaman dan kecermatan dalam mengamati masalah yang kan diteliti. Disamping itu dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Strategi adalah rencana jangka panjang dengan diikuti tindakan-tindakan yang ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu, yang umumnya adalah "kemenangan". Strategi dibedakan dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata tersebut.
1. Adapun Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang I Tlogomas adalah sebagai berikut : Siswa sangat minim sekali dalam merespon apa yang sudah diberikan oleh gurunya Siswa sering kali bermain sendiri dengan teman-temannya dan tidak menghiraukan ketika guru menjelaskan pelajaran didepan kelas. Siswa sering kali tidak menghiraukan dengan penjelasan yang dilakukan oleh guru ketika guru menjelaskan materi didepan kelas, bermain dengan teman-temannya dan tidak merespon ketika guru menjelaskan pelajaran. Siswa rame sendiri, siswa disebabkan kurangnya konsentrasi pada saat jam pelajaran berlangsung.
2. Adapun strategi guru dalam Mengatasi Kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Malang I Tlogomas adalah sebagai berikut : Guru ekonomi cenderung mengajukan pertanyaan kepada siswa pada saat diawal dan diakhir KBM, dengan tujuan guru ekonomi ingin mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki siswa dalam belajar ekonomi. Namun pada kenyataannya siswa tersebut kurang merespon terhadap materi yang telah diajarkan. Strategi guru ekonomi didalam KBM cenderung memakai metode Diskusi, Ceramah, dengan tujuan dapat memberikan stimulus pada siswa. Sehingga pada kenyataannya siswa menjadi bosan dan jenuh karena bahasa yang dipakai kurang begitu menarik dan cenderung monoton dan juga guru ekonomi memberikan nilai tersendiri bagi siswa yang mempunyai prestasi lebih sehingga minat dan kegairahan untuk belajar ekonomi lebih tinggi dan semangat dan juga guru ekonomi mengadakan persaingan / kompetensi agar mendorong siswa selalu bersungguh-sungguh dalam meraih prestasinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Guru; Kesulitan Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:29 | ||||||
Last Modified: | 15 Jun 2023 14:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45456 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |