Hidayati, Nurlaila (2009) Pengaruh Kompetensi Guru terhadap motivasi belajar siswa pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04130012.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (770kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Ada banyak tantangan yang dihadapi guru dalam meng-implementasikan Pendidikan yang berkualitas di Indonesia, Dalam menghadapi tantangan itu akan sangat tergantung pada tingkat kompetensi guru. Guru yang berkompeten akan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran dan penilaian yang menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat mendorong tumbuhnya motivasi belajar pada diri siswa. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan sangat menentukan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Melalui model pembelajaran yang tepat diharapkan siswa tidak hanya dapat pengetahuan, namun juga memiliki kesan yang mendalam tentang materi pelajaran, sehingga dapat mendorong siswa untuk mengimplementasikan konsep nilai-nilai Pendidikan dalam kehidupan sehari- sehari.
Pada prinsipnya Kompetensi guru adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik serta bertanggung jawab dalam membantu kedewasaan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kompetensi guru terdapat berbagai macam yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa.
Sampeldari penelitian ini adalah 130 Siswa. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknikrandom sampling, dimana individu diambil secara acak dari kelas 1 sampai kelas 2. Dintaranya remaja yang masih bersekolah di MAN 3 Malang, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.
Dari hasil penelitian variabel kompetensi guru dengan indikator kompetensi pedagogik guru memberikan sumbangn 0,456 atau koefisien diterminan r2=0,4562=0,209 yang berarti sumbangan efektif faktor kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 20,9%. Kompetensi kepribadian guru memberikan sumbangan 0,364 atau koefisien diterminan r2=0,3642=0,132 yang berarti sumbangan efektif faktor kompetensi kepribadian guru terhadap motifasi belajar siswa sebesar13,2%. Kompetensi profesional guru memberikan sumbangan 0,368 atau koefisien diterminan r2=0,3682= 0,135 yang berarti sumbangan efektif guru sebesar 13,5%. Kompetensi sosial guru memberikan sumbangan 0,370 atau koefisien diterminan r2=0,3702= 0,137 yang berarti sumbangan efektif faktor kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 13,7%.
Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan korelasi Product Moment karl person untuk menguji validitasnya dan Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket dengan skor 0,760 untuk Kompetensi Guru dan 0,807 untuk Motivasi Belajar. Untuk menguji hipotesisnya, digunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson, dengan hasil
rxy = 0,503 dengan p=0000 taraf signifikansi <0,050 dan r tabel sebesar 0,176 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitan ini semakin tinggi Kompetensi Guru maka semakin tinggi pula Motivasi Belajar siswa. Serta dari penelitian ini di dapat koefisien determinasinya sebesar sebesar r 2 = 0,503 2 = 0,253 yang artinya ada sumbangan efektif 25,3% variabel Kompetensi Guru dengan semua aspek yang terkandung didalamnya terhadap Motivasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Guru; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:28 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45450 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |