Munawaroh, Zahroul (2009) Kinerja Kepala Madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MAN Kandangan Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04120038.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (721kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Masalah disiplin adalah masalah yang sangat kita perlukan saat ini, karena pada kenyataannya masih sering kita menyaksikan dan mendengar peserta didik yang perilakunya masih tidak sesuai bahkan bertentangan dengan sikap moral yang baik, merokok, membolos, bahkan tindakan yang menjurus pada hal- hal yang bersifat kriminal. Hal ini tidak lain adalah berangkat dari pribadi yang kurang disiplin, oleh karena itu peserta didik harus dibimbing, dibina untuk belajar disiplin. Kepala madrasah sebagai seorang yang telah diberi wewenang untuk memimpin suatu lembaga maka ikut bertanggung jawab terhadap siswa terlebih bila pelanggaran terjadi di dalam rangka program madrasah. Dalam kaitan ini maka dibutuhkan kinerja kepala madrasah yang professional sehingga mampu memotivasi, mempengaruhi dan menggerakkan anggotanya untuk melaksanakan tugas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif serta dapat membina disiplin bagi siswa-siswinya sebagai generasi umat Islam dan bangsa Indonesia agar tidak mengalami degradasi moral dan indisipliner disegala bidang. MAN Kandangan merupakan salah satu madrasah unggulan di kota Kandangan yang sudah dikenal khalayak umum tentang kedisiplinannya, peraturan/tatatertib bagi siswa yang ketat dan adanya program- program madrasah yang sangat mendukung kedisiplinan siswa sehingga banyak walimurid yang tertarik menyekolahkan anaknya di MAN Kandangan. Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis ingin membahasnya dalam skripsi yang berjudul “Kinerja Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MAN Kandangan Kabupaten Kediri”.
Untuk menggali faktanya penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Datanya diperoleh langsung dari kepala madrasah, waka kurikulum, waka sarpras, waka kesiswaan, kepala TU, dewan guru, perwakilan siswa, dan pihak-pihak lain yang berkompeten di madrasah tersebut serta data-data yang telah didokumentasikan. Adapun dalam prosedur pengumpulan datanya dengan menggunakan tekhnik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja kepala MAN Kandangan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sudah cukup baik. Dari berbagai upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah baik secara langsung dengan memberikan keteladanan, ajakan maupun dengan menggerakkan dan kerjasama dengan para guru dan staf dalam mendisiplinkan siswa. MAN Kandangan semakin maju dan berkembang, hal ini dapat dilihat dari sarana prasarana yang sudah mulai lengkap, adanya inovasi-inovasi baru yang dituangkan dalam program-program pendidikan diantaranya LDK, shalat berjama’ah, moving class, fulday school, budaya salam yang secara langsung dapat menunjang kedisiplinan siswa,. Tatatertib/peraturan yang semakin ketat dan ditegakkan dengan tegas, adanya pembinaan terhadap siswa merokok, berkendaraan dilingkungan madrasah, berseragam dsb. Sehingga kedisiplinan siswa MAN Kandangan sudah terlihat, baik dalam disiplin belajarnya, waktu, seragam maupun bertingkahlaku. Sedangkan yang sekarang mulai diterapkan oleh kepala madrasah terhadap semua kalangan baik guru, staf, maupun siswa adalah supaya mewujudkan dan membudayakan “Disiplin dalam Kesantunan dan Santun dalam Kedisiplinan” khususnya dikalangan madrasah. Adanya keberhasilan kinerja Kepala MAN Kandangan tersebut diantaranya tidak terlepas dari adanya komitmen serta keteladanan dan kontrol langsung dari kepala madrasah sendiri terhadap pelaksanaan kedisiplinan siswa dan juga adanya dukungan kinerja dari para guru MAN Kandangan yang sudah cukup baik. Meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatan yang tidak terlalu berarti diantaranya masih ada satu, dua guru MAN Kandangan yang masih statis dan adanya permasalahan yang timbul dari sebagian kecil siswa MAN Kandangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Madrasah; Kedisiplinan Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:41 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45444 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |