Mariatun, Ika Lis (2009) Pengaruh Faktor-faktor Interaksi belajar mengajar dan Interaksi Guru dengan siswa terhadap prestasi siswa pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kamal-Bangkalan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04120024.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk mencapai keberhasilan dalam hidup. Berdasarkan pengetahuan yang di peroleh dari sekolah, seseorang dianggap memiliki cakrawala yang luas sehingga dapat berpikir dan memiliki pandangan yang luas serta dapat mengatsi masalah-masalah kehidupan dengan lebih bijaksana.
Dalam proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa itu merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar mengajar. Interaksi dalam peritiwa belajar mengajar mempunyai arti yang lebih luas, tidak sekedar hubungan antara guru dengan siswa, tetapi berupa interaktif edukatif. Dalam hal ini bukan hanya penyampaian pesan berupa materi pelajaran, melainkan penanaman sikap pada diri siswa yang sedang belajar. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul , Pengaruh Faktor-faktor Interaksi Belajar Mengajar dan Interaksi Guru dengan Siswa Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kamal-Bangkalan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh interaksi guru siswa terhadap perkembangan prestasi siswa SMP Negeri 1 Kamal-Bangkalan?
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan ragam korelasi. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode kuesioner/angket, wawancara/interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan analisis korelasi product moment yaitu untuk mengetahui ada tidaknya korelasi interaksi guru siswa dalam mengembangkan prestasi siswa, sedangkan analisis regresi linier ganda digunakan untuk mengetahui besar pengaruh interaksi guru siswa terhadap prestasi siswa SMP Negeri 1 Kamal-Bangkalan. Dan untuk mempercepat perhitungan maka penulis menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 15.00.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwa menurut perhitungan korelasi product moment terdapat korelasi antara kedua variabel yaitu varaibel X1 (interaksi guru siswa) dan X2 (Faktor-faktor interaksi belajar mengajar) dengan Y (prestasi siswa) menunjukkan bahwa interaksi mempunyai nilai koefesien korelasi product moment sebesar 0,448
(44.8%) terhadap kreativitas siswa, angka tersebut menunjukkan bahwa model ini mempunyai nilai koefisien korelasi tinggi. Sedangkan dari hasil analisis regresi linier interaksi guru-siswa dan faktor-faktor interaksi belajar-mengajar berpengaruh signifikan terhadap pengembangan prestasi siswa sebesar 0.724 (72.4%) angka tersebut menunjukkan bahwa model ini baik pengaruhnya dan ini dilihat dari signifikannya. Perkembangan prestasi siswa akan konstan sebesar 4.142 jika tidak dipengaruhi oleh variabel interaksi dan factor-faktor interaksi belajar mengajar. Sedangkan interaksi mempengaruhi prestasi siswa sebesar 21.1%. faktor-faktor interaksi belajar mengajar mempengaruhi pengembangan prestasi siswa sebesar 25.7%.
Dari Penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan prestasi diantaranya dipengaruhi oleh (interaksi) dan Faktor- factor interaksi belajar mengajar, dipenelitian ini yang dimaksud interaksi tersebut yaitu interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa. Secara tidak langsung perkembangan prestasi siswa akan berakibat pada baik buruknya kualitas siswa, maka peneliti menyarankan tidak hanya prestasi siswa yang dikembangkan tapi juga prestasi guru perlu dikembangkan. Penulis berharap penelitian tidak berhenti disini akan tetapi terus berkembang atau diadakan penelitian berikutnya guna memperbaiki kulitas generasi penerus bangsa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Interaksi guru siswa; Faktor-faktor Interaksi Belajar Mengajar; Prestasi siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:28 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45443 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |