Sumarni, Lis (2009) Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Pakem) pada mata pelajaran PAI di SDN Dinoyo II Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04120037.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Mengingat tujuan akhir Pendidikan Agama Islam merupakan proses yang dilalui dan dialami oleh peserta didik di sekolah dimulai dari tahapan kognisi, yakni pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam, dan untuk selanjutnya menuju kepada tahapan afeksi, yaitu terjadinya proses internalisasi ajaran dan nilai agama ke dalam diri peserta didik dan tahap psikomotoriki, yaitu supaya peserta didik mengamalkan ajaran-ajaran Islam. Karena berhasil atau tidaknya pembelajaran yang dilakukan dilihat dari keaktifan peserta didik dalam mengemukakan pendapat, kemampuan peserta didik untuk menciptakan sesuatu dan adanya perubahaan tingkah laku peserta didik. Permasalahannya terletak bagaimana bentuk penerapan PAKEM dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PAI di SDN Dinoyo II Malang.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis melakukan penelitian di SDN Dinoyo II Malang dengan rumusan masalah (1) Apa Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) yang telah diterapkan pada mata pelajaran PAI di SDN Dinoyo II Malang? (2) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran PAI di SDN Dinoyo II Malang? Adapun tujuan dari pembahasan di atas (1) untuk mengetahui model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) yang telah diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri Dinoyo II Malang (2) untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri Dinoyo II Malang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field risert), berupa pendekatan kualitatif dengan cara deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Dinoyo II Malang, Tekhnik yang digunakan untuk mengumpulkan data (1) pengamatan (2) teknik wawancara (3) teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data dengan tekhnik analisis data.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah diterapkannya empat model PAKEM dalam pembelajaran mata pelajaran PAI yaitu kontekstual, bermain peran, belajar tuntas dan partisipatif. Dalam Penerapan PAKEM pada mata pelajaran PAI mencakup (a) persiapan KBM berupa RPP yang mengacu pada KTSP, (b) strategi pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir, (c) metode pembelajaran bervariatif, (d) media dalam pembelajaran yang digunakan media sekolah dan lingkungan sekolah, (e) tempat KBM yaitu kelas, musholla, dan lingkungan sekolah (f) evaluasi dalam pembelajaran berupa penilaian proses, ulangan pada tiap pokok bahasan, ulangan per-KD serta pelaksanaan bimbingan bagi peserta didik yang terlambat belajar dan pengayaan bagi peserta didik yang cepat belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Pembelajaran Aktif; Kreatif; Efektif dan PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:41 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45442 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |