Nurtrianingsih, Anis (2009) Peningkatan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran IPS Ekonomi melalui Strategi Cooperative Learning tipe Struktural di SMP Negeri 3 Kuaro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03160029.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Mata pelajaran IPS ekonomi merupakan bagian dari mata pelajaran IPS terpadu yang diajarkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ekonomi adalah ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang banyak, bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) untuk mengetahui bahwa penerapan strategi Cooperative learning tipe struktural dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VII A di SMP Negeri 3 Kuaro, dan (2) mendeskripsikan kesan peserta didik terhadap pelaksanaan strategi cooperative learning tipe struktural pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VII A SMP Negeri 3 Kuaro.
Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian yang dipilih adalah tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif. Tahapan penelitiannya mengikuti model Kemmis dan Taggart, yaitu meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan pengukuran hasil tes belajar. Terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, strategi cooperative learning tipe struktural dapat mendorong peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VII A pada mata pelajaran IPS ekonomi di SMP Negeri 3 Kuaro, dengan perbedaan 21,05% dibandingkan dengan kemajuan yang dicapai oleh peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran tradisional. Penerapan strategi cooperative learning tipe struktural sangat mendorong peningkatan motivasi belajar peserta didik sebesar 68,75% dibandingkan dengan kemajuan yang dicapai oleh peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran tradisional. Kedua, siswa merasa senang dengan strategi cooperative learning tipe struktural dengan alasan menjadi lebih akrab dengan teman sekelas, bisa bertanya kepada teman mengenai materi atau tugas yang belum dimengerti atau dipahami.
Saran yang diberikan adalah setiap tenaga pengajar diharapkan dapat menerapkan strategi cooperative learning tipe struktural. Karena berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa strategi cooperative learning tipe struktural dapat mendorong peningkatan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas VII A pada mata pelajaran IPS ekonomi di SMP Negeri 3 Kuaro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Cooperative Learning Tipe Struktural; Motivasi; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:28 | ||||||
Last Modified: | 15 Jun 2023 09:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45441 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |