Dewi, Miftah Kusuma (2010) Peran Kepala Sekolah dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam di SMK Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110051.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Selama ini Pendidikan Agama Islam di sekolah sering dianggap kurang berhasil dalam membentuk sikap dan perilaku keberagamaan peserta didik serta membangun moral dan etika bangsa. Problematika yang dirasakan saat ini adalah adanya kesenjangan perkembangan PAI pada sekolah yang berlabel Islam dan sekolah umum. Sekolah yang berlebel Islam, kegiatan keagamaan serta perilaku siswa dan warga sekolah terlihat agamis dalam kesehariannya. Sedangkan PAI pada umum, kurang dapat teraplikasi dalam kehidupan keseharian di lingkungan sekolah. Oleh karena itu salah satu cara yang digunakan dalam mewujudkan tujuan dari PAI yaitu dengan memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam PAI di lingkungan sekolah. Kepala sekolah sebagai penentu arah pendidikan dan pengambil kebijakan mempunyai peran penting agar nilai- nilai agama Islam tertanam pada diri warga sekolah. Hal ini bertujuan agar PAI tidak hanya sekedar sebagai ilmu pengetahuan saja tetapi dapat dipraktekkan dan terwujud dalam bentuk tingkah laku pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Melihat wacana yang ada maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Peran Kepala Sekolah dalan Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di SMK Negeri 4 Malang”
Peneliti ini berfokus pada: (1) Bentuk Nilai-Nilai Agama Islam di SMK Negeri 4 Malang, (2) Peran kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam di SMK Negeri 4 Malang, (3) Strategi kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai agama Islam di SMK Negeri 4 Malang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang sesungguhnya di lokasi penelitian. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokmentasi, agar hasil yang tersusun sistematis maka langkah peneliti untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (kesimpulan).
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Bentuk nilai-nilai Agama Islam di SMK Negeri 4 Malang meliputi (a) Nilai Aqidah: nilai ibadah dengan sholat berjama’ah, sholat dhuha, membaca AlQur’an dan istighosah.(b) nilai Akhlak: nilai sopan santun, nilai kejujuran, senyum sapa salam, nilai silaturrahmi, (c) Nilai Syariah: nilai kedisiplinan, nilai sosial masyarakat dan nilai muamalah. (2) Peran kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam meliputi (a) Sebagai Educator: memberikan pembinaan dan bimbingan kepada semua guru untuk proses penanaman nilai-nilai Agama Islam (b) Sebagai Manajer : untuk menggerakkan seluruh warga sekolah pada kegiatan yang bertujuan membentuk tingkah laku siswa serta warga sekolah dan sebuah untuk kedisiplinan (c) Sebagai Administrator: selalu mengadakan perencanaan, pengorganisasian, pembiayaan dan pengawasan (d) Sebagai Supervisor: selalu mengadakan pengawasan terhadap proses pembelajaran (e) Sebagai Leader: kepala sekolah memberikan kebijakan yang arif bagi perkembangan proses penenaman nilai-nilai agama Islam (f) Sebagai Innovator: berusaha untuk membuat sebuah perubahan baru dan lebih kondusif untuk proses pembelajaran (g) Sebagai Motivator: kepala sekolah dengan mengubah suasana sekolah yang penuh dengan kebosanan menjadi suasana yang dinamis dan agamis. (3) Sedangkan Strategi kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam adalah dengan metode ketauladanan, menciptakan suasana religius di sekolah dan pembiasaan sehari-hari di dalam lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala Sekolah; Nilai-nilai Agama Islam | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:41 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45432 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |