Samudra, Mohammad Iqbal Azzaman (2022) Implementasi kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia Cabang Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17540030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kepuasan nasabah menjadi sebuah senjata utama pada perusahaan jasa keuangan perbankan, namun apabila kepuasan tidak didapatkan oleh nasabah, maka akan menjadi kerugian terhadap sebuah bank itu sendiri. Dalam penelitian ini terdapat sebuah problem yang terjadi dalam konteks pelayanan pada Bank Syariah Indonesia cabang kabupaten Pamekasan. Dikarenakan kualitas pelayanan itu sangat penting dalam sebuah penerapannya, apalagi dalam masa persaingan jasa keuangan perbankan dan ditambah dengan kemajuan teknologi yang menyelimuti persaingan perbankan, maka tidak dapat menutup kemungkinan nasabah akan beralih kepada bank lain apabila sebuah kepuasan pelayan tidak didapatkan oleh nasabah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan interview
Berdasarkan hasil penelitian ini, Kualitas Pelayanan Bank Syariah Indonesia cabang Kabupaten Pamekasan memberikan kepuasan kepada nasabahnya. Hal itu ditunjukan dari hasil wawancara dengan nasabah yang sedang melakukan transaksi, nasabah mengatakan bahwa kualitas pelayanan Bank Syariah Indonesia cabang Kabupaten Pamekasan memberikan pelayanan yang ramah, supan dan penuh tanggung jawab. Pelayanan yang cukup bak itu juga didukung oleh adanya kemampuan karyawan dalam membangun raa sosial dengan nasabah serta kemampuan berkomunikasi yang baik
Faktor yang paling berpengaruh pada nasabah dalam melakukan pelayanan diantaranya, shiddiq, tagbligh, Amanah dan fathanah. Sedangkan strategi yang paling berpengaruh dalam melakukan pelayanan nasabah dalam mencapai kepuasan nasabah dengan yaitu kemapuan berkomunikasi dan mampu membangun rasa sosial dengan nasabah
ENGLISH:
Customer satisfaction is a major weapon in banking financial services companies, but if customer satisfaction is not obtained, it will be a loss for the bank itself. In this study there is a problem that occurs in the context of service at the Indonesian Sharia Bank Pamekasan district branch. Because the quality of service is very important in its application, especially in an era of competition in banking financial services and coupled with technological advances that surround banking competition, it is possible that customers will switch to other banks if a customer satisfaction is not obtained.
The method used in this research is a qualitative research method. Collecting data in this study using observation and interview techniques.
Based on the results of this study, the Service Quality of Bank Syariah Indonesia Pamekasan Regency branch provides satisfaction to its customers. This is shown from the results of interviews with customers who are conducting transactions, customers say that the service quality of Bank Syariah Indonesia Pamekasan Regency branch provides friendly, courteous and responsible service. This adequate service is also supported by the ability of employees to build social relationships with customers and good communication skills which factor
The most influential factors for customers in providing services include shiddiq, tagbigh, amanah and fathanah. While the most influential strategy in providing customer service in achieving customer satisfaction is the ability to communicate and be able to build a social sense with customers.
ARABIC:
سضب ػٍٝ اٌذصٛي يخُ ٌُ إرا ٌٚىٓ ، اٌّصشفيت اٌّبٌيت اٌخذِبث ششوبث في سئيضي صالح ٘ٛ اٌؼّالء سضب
بٕه فشع في اٌخذِت صيبق في حذذد ِشىٍت حٛجذ ، اٌذساصت ٘زٖ في .ٔفضٗ ٌٍبٕه خضبسة رٌه فضيىْٛ ، اٌؼّالء
ػٍٝ إٌّبفضت ػصش في خبصت ، حطبيمٙب في جًذا ِّٙت اٌخذِت جٛدة ألْ ٔظ ًشا .بّيىبصبْ اإلٔذٚٔيضي اٌششيؼت
أْ اٌّّىٓ فّٓ ، اٌّصشفيت ببٌّٕبفضت حذيظ اٌخي اٌخىٌٕٛٛجيت اٌخطٛساث جبٔب إٌٝ اٌّصشفيت اٌّبٌيت اٌخذِبث
. .اٌزبْٛ طشيك ػٓ ساضيت خذِت ػٍٝ اٌذصٛي يخُ ٌُ إرا أخشٜ بٕٛن إٌٝ اٌؼّالء يخذٛي
اٌطشيمت اٌّضخخذِت في ٘زا اٌبذذ ٘ي ِٕٙج بذذ ٔٛػي. جّغ اٌبيبٔبث في ٘زٖ اٌذساصت ببصخخذاَ حمٕيبث
اٌّالدظت ٚاٌّمببٍت
Pamekasan Regencyبٕب ًء ػٍٝ ٔخبئج ٘زٖ اٌذساصت ، فئْ جٛدة اٌخذِت ٌفشع بٕه اٌششيؼت اإلٔذٚٔيضي
يشضي ػّالئٗ. يخضخ ٘زا ِٓ ٔخبئج اٌّمببالث ِغ اٌؼّالء اٌزيٓ يجشْٚ اٌّؼبِالث ، ديذ يمٛي اٌؼّالء إْ
يٛفش خذِت ٚديت ِٚٙزبت Pamekasan Regencyجٛدة اٌخذِت اٌخي يمذِٙب فشع بٕه اٌششيؼت اإلٔذٚٔيضي
ِٚضؤٌٚت. ٘زٖ اٌخذِت اٌّالئّت ِذػِٛت أي ًضب بمذسة اٌّٛظفيٓ ػٍٝ بٕبء ػاللبث اجخّبػيت ِغ اٌؼّالء ِٚٙبساث
حٛاصً جيذة
ِٓ أوزش اٌؼٛاًِ اٌّؤرشة ٌٍؼّالء في حمذيُ اٌخذِبث اٌشذيك ، ٚاٌخبجبيغ ، ٚاألِبٔت ، ٚاٌفخٕت. في ديٓ أْ
اإلصخشاحيجيت األوزش حأريشاً في حمذيُ خذِت اٌؼّالء في حذميك سضب اٌؼّالء ٘ي اٌمذسة ػٍٝ اٌخٛاصً ٚاٌمذسة ػٍٝ
بٕبء دش اجخّبػي ِغ اٌؼّالء.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Firmansyah, Fani | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepuasan Nasabah; Pelayanan; Customer Satisfaction; Service; جودة الخدمة ; زيادة رضا العملاء | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Moh. Iqbal Azzaman Samudra | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 14:24 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 14:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45413 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |