Ainiyah, Siti Nur (2010) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di SMK TEKSTIL Pandaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110045.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (903kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Secara umum pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam. Ajaran-ajaran tersebut terdapat dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits untuk kepentingan pendidikan. Mata pelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai ajaran Islam. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana peserta didik dapat mengamalkan ajaran-ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari. Guru pendidikan agama Islam merupakan orang yang mempunyai tugas ganda yaitu selain mengajar mereka juga harus mendidik, baik di luar kelas maupun di dalam kelas. Di dalam mendidik para peserta didik seorang guru pendidikan agama Islam harus mengajarkan pendidikan akhlak sehingga tercipta peserta didik yang berakhlak dan terhindar dari kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan upaya guru pendidikan agama Islam dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di SMK TEKSTIL Pandaan, untuk mengetahui pelaksanaan upaya guru pendidikan agama Islam dalam mencegah penyalahgunaan narkoba melalui proses pembelajaran di dalam kelas(Intrakurikuler) dan pengembangan pendidikan di luar kelas (Ekstrakurikuler) di SMK TEKSTIL Pandaan, serta untuk mengetahui evaluasi dari upaya guru pendidikan agama Islam dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di SMK TEKSTIL Pandaan, serta untuk mengetahui respon siswa SMK TEKSTIL Pandaan terhadap penyalahgunaan narkoba.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Reseach) yaitu penelitian langsung dilakukan di lapangan atau responden. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data melalui cara Presistent Observation (Ketekunan pengamatan), Triangulasi (sebagai pembanding terhadap data itu).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan upaya guru pendidikan agama Islam dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di SMK TEKSTIL Pandaan ini adalah membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang dipakai dan sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Pelaksanaan upaya guru pendidikan agama Islam dalam mencegah penyalahgunaan narkoba sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh guru pendidikan Islam yang ada, hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sekolah ini guru pendidikan agama Islam sangat peduli terhadap kondisi yang sangat memprihatinkan yaitu peredaran narkoba pada peserta didik. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mencegah penyalahgunaan narkoba meliputi dua bentuk yaitu, upaya melalui pembelajaran di dalam kelas (Intrakurikuler) dengan menunjukkan dalil tentang diharamkannya minuman keras (narkoba) sebagai keyakinan bahwa sudah jelas perbuatan tersebut dikharamkan yang sudah jelas tercantum di dalam Al-Qur’an dan menghindari perilaku tercela terutama panyalahgunaan narkoba, sedangkan melalui pengembangan pembelajaran di luar kelas (Ekstrakurikuler) yaitu dengan mengadakan razia dan seminar narkoba setiap bulan serta mengadakan pondok Romadhon tujuannya untuk menambah ketebalan iman dan menumbuh kembangkan akhlak mulia pada siswa agar terhindar dari perbuatan tercela terutama penyalahgunaan narkoba.
Adapun saran peneliti bagi sekolah, khususnya bagi guru-guru PAI perlu mengembangkan upaya dalam mencegah penyalahgunaan narkoba agar dapat mecetak generasi muda yang bebas dari pengaruh narkoba. Bagi orang tua hendaknya untuk lebih memperhatikan dan menanamkan nilai-nilai agama sejak dini pada anak-anaknya dan bagi pengguna narkoba diharapkan bermanfaat sebagai penambah pengetahuan tentang bahaya menyalahgunakan narkoba.
ABSTRACT
In general, Islamic religious education is a subject that was developed from the basic teachings contained in the Islamic religion. The teachings are contained in the Al-Qur’an and Al- Hadith for educational purposes. Islamic religious education subject not only bring students to master various teachings of Islam. But most important is how students can practice the teachings in daily life. Islamic religious education teacher is a person who has the dual task of teaching, besides teach they also have to educate, both outside and inside the classroom. In educating the students, an Islamic religious education teacher must teach students good character so as to create a certain character and avoid juvenile delinquency and drug abuse.
The purpose of this study is to determine the efforts planning of Islamic religious education teachers in preventing drug abuse in SMK TEKSTIL of Pandaan, to know the implementation of Islamic religious education teachers efforts in preventing drug abuse through a process of learning in the classroom (Intracurricular) and the development of education outside the classroom (Extracurricular ) in SMK TEKSTIL of Pandaan, and to investigate the evaluation of the efforts of Islamic religious education teachers in preventing drug abuse in SMK TEKSTIL of Pandaan, as well as to study the response of SMK TEKSTIL of Pandaan students against drug abuse.
This study uses a qualitative approach to the type of field research that is direct research done in the field or responder. Data collection conducts through observation, interviews, and documentation. As for analyzing the data conducted through Persistent Observation, Triangulation (as a comparison to the data).
The research results shows that in the efforts planning of Islamic religious education teachers in preventing drug abuse in SMK TEKSTIL of Pandaan is to make learning plan in accordance with the curriculum used and also in accordance with the matters to be extended. Implementation of the efforts of Islamic religious education teachers in preventing drug abuse is in conformity with what had been planned by the existing Islamic education teachers, the results shows that in this school the teachers of Islamic religious education really care about the very poor condition of the circulation of drugs on the learner. The efforts of Islamic religious education teachers in preventing drug abuse include two forms of effort that is through learning in the classroom (Intracurricular) by showing indications of alcohol (drugs) prohibition as a clear conviction that the unlawful acts which was clearly stated in the Al-Qur’an and avoid inappropriate behavior especially drug abuse, whereas through the development of learning outside the classroom (Extracurricular), namely by conducting drug raids and seminars each month and organize the Romadhon boarding school with the goal to enhance the faith and to develop the noble characters in students in order to avoid impeachable behavior especially drugs abuse.
The researchers’ advice for the school, especially for Islamic religious education teachers, need to develop efforts in preventing drug abuse in order to create younger generations that is free from the influence of drugs. For parents, should give more attention and engraft religion values since early in their children, and for drug users, is expected to be useful as an addition to knowledge about the dangers of abusing drugs
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mencegah; Penyalahgunaan Narkoba; Preventing; Drug Abuse | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:43 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45410 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |