Umaroh, Binti (2009) Strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05130008.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah sesuatu yang esensial bagi manusia. Melalui pendidikan manusia dapat belajar menghadapi problematika yang ada di alam semesta demi mempertahankan kehidupannya. Kebutuhan manusia akan pendidikan merupakan suatu yang sangat mutlak dalam hidup ini, dan manusia tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pendidikan. Pendidikan secara alami merupakan kebutuhan hidup manusia, upaya melestarikan kehidupan manusia dan telah berlangsung sepanjang peradaban manusia itu ada.
Guru merupakan unsur manusiawi dalam pendidikan. Kehadiran guru mutlak diperlukan di dalamnya. Jangannkan ketiadaan guru, kekurangan guru saja sudah merupakan masalah. Tidak gampang untuk menuntut guru lebih profesional, kalau semuanya terpulang dari sikap mental guru. Guru yang profesional lebih mengedepankan kualitas pengajaran dari pada materiil oriented. Yang mempengaruhi hasil belajar anak didik tidak hanya latar belakang pendidikan atau pengalaman mengajar, tetapi juga dipengaruhi oleh sikap mental guru dalam memandang peran, tugas dan tanggung jawab yang diembannya Dalam proses pembelajaran banyak permasalahan yang dihadapi guru, sebab dalam kegiatan belajar mengajar semuanya tidak dan jarang berjalan dengan lancar. Hal ini bisa berasal dari guru yakni cara mengajarnya maupun berasal dari siswanya sendiri atau faktor-faktor lain yang karena tidak berminat atau tingkat kemampuannya rendah. Adapun dari proses pembelajaran peran guru inilah yang penting untuk menyebabkan tehambatnya proses kegiatan belajar mengajar. Untuk mengetahui kondisi proses pembelajaran dan menentukan keberhasilan di dalam menjawab permasalahan-permasalahan tersebut. Berasal dari pemikiran tersebut, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi.
Adapun permasalahan yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah: (1) strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi, (2) peran, tugas, dan tanggung jawab guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi, dan (3) faktor-faktor yang menunjang dan menghambat strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Batu sudah berjalan baik, meskipun masih ada kekurangan-kekurangan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru berdasarkan materi yang akan disampaikan, sehingga mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Adapun di kelas siswa aktif bertanya tentang pelajaran yang belum dimengerti, baik pada saat di dalam kelas maupun di luar kelas, siswa aktif mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru di kelas atau tugas di luar jam sekolah, siswa lebih aktif dalam mencari informasi yang diberikan oleh guru. Adapun faktor pendukungnya adalah dari guru sendiri, faktor siswa, faktor media pembelajaran, dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sama halnya dengan faktor pembelajaran penunjang yaitu faktor dari guru, faktor siswa, faktor media pembelajaran, dan faktor lingkungan. Adapun faktor yang juga menghambat proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Batu adalah waktu.
Dengan adanya strategi pembelajaran yang bervariasi yang dilakukan oleh guru ekonomi, maka proses belajar mengajar akan kondusif dan siswa akan lebih mempunyai gairah untuk aktif belajar ekonomi. Peran, tugas dan tanggung jawab guru sudah terlaksana dengan baik. Adapun faktor-faktor yang menunjang dan menghambat sudah diminimalkan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abubakar, Istianah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Guru; Kualitas Pembelajaran Ekonomi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:30 | ||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45409 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |