Trianawati, Anis (2009) Pengaruh Kurikulum Berbasis Kompetensi terhadap keberhasilan Pembelajaran PAI di MTs Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04120032.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kurikulum berbasis kompetensi diartikan sebagai suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) dengan standar performansi tertentu, isi dan bahan pelajaran sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Pembelajaran pendidikan agama islam adalah upaya membelajarkan peserta didik agar dapat belajar, bahan belajar, terdorong belajar, mau belajar dan tertarik untuk terus menerus mempelajari agama islam, baik untuk kepentingan mengetahui bagaimana cara yang benar maupun mempelajari islam sebagai pengetahuan
Pendidikan agama islam ialah usaha berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar kelak setelah selesai pendidikannya dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama islam serta menjadikannya sebagai pandangan hidup (way of life).
Dari situlah, muncul pertanyaan apakah mungkin kurikulum berbasis kompetensi berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajran PAI di MTs Surya Buana dapat terlaksana.
Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul pengaruh kurikulum berbasis kompetensi terhadap keberhasilan pembelajaran PAI di MTs Surya Buana Malang. Dengan mengungkap bagaimana penerapan kurikulum berbasis kompetensi dalam pembelajaran PAI, pengaruh kurikulum berbasis kompetensi terhadap keberhasilan pembelajaran PAI, apa saja yang menjadi problem dalam penerapan kurikulum berbasis kompetensi dalam pembelajaran PAI, dan upaya apa saja yang dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi problem tersebut.
Metode penelitian ini mempergunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Untuk mendapatkan data yang diteliti peneliti mengambil data dari populasi kelas VIII yang berjumlah 65. Adapun metode yang digunakan adalah angket/ kuesioner, dokumentasi, observasi dan wawancara. Kemudian hasil dari kuesioner dianalisis dengan product moment.
Dari hasil analisis diketahui pengaruh kurikulum berbasis kompetensi terhadap keberhasilan pembelajaran PAI terdapat hubungan yang positif, korelasi diperoleh rxy 0,644 pada taraf signifikan 5%
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan variabel kurikulum berbasis kompetensi (X) terhadap keberhasilan pembelajaran PAI (Y)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kurikulum Berbasis Kompetensi; Pembelajaran PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:43 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45405 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |