Khasbullah, Ahmad (2010) Upaya Madrasah Aliyah Negeri Turen dalam meningkatkan kelulusan siswa pada Ujian Nasional. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110041.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (474kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Realitas adanya ujian nasional berakibat banyaknya siswa tidak lulus ujian nasional. Angka tidak lulus ujian nasional (UN) pada jenjang sekolah lanjutan atas (SMA, MA, SMK) pada tahun 2008 mencapai sekitar 11%-12% atau sekitar 250.000 siswa dari 2.260.148 peserta. Persentase ketidaklulusan tersebut lebih tinggi daripada tahun 2007 yang mencapai 10%. Berangkat dari banyaknya siswa yang tidak lulus ujian nasional, peneliti membahas dengan judul Upaya Madrasah Aliyah Negeri Turen dalam Meningkatkan Kelulusan Siswa pada Ujian Nasional dengan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimanakah tingkat kelulusan siswa MAN Turen?, 2) Bagaimana upaya meningkatkan kelulusan siswa pada ujian nasional di MAN Turen? dan 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat MAN Turen dalam meningkatkan kelulusan siswa pada ujian nasional?.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelulusan siswa MAN Turen dan upaya yang dilakukan MAN Turen dalam meningkatkan kelulusan siswa, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kelulusan siswa pada ujian nasional di MAN Turen.
Obyek dari penelitian ini adalah MAN Turen Kab. Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, bukan angka-angka.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelulusan siswa MAN Turen mengalami penurunan dan kenaikan, pada tahun pelajaran 2006/2007 persentase kelulusan mencapai 95.83%, tahun pelajaran 2007/2008 perentase kelulusan mengalami penurunan yaitu 78.12 %, penurunan kelulusan dikarenakan naiknya standar kelulusan dan bertambahnya jumlah mata pelajaran yang diujikan, sedangkan pada tahun pelajaran 2008/2009, tingkat kelulusan siswa MAN Turen mengalami kenaikan yaitu mencapai 100%, kenaikan tingkat kelulusan dikarenakan optimalnya upaya MAN Turen dalam meningkatkan kelulusan.
Upaya yang dilakukan MAN Turen dalam meningkatkan kelulusan antara lain, Mengadakan jam tambahan (les), Mengadakan Try Out, Memperdayakan guru membuat soal-soal prediksi, Download soal dari Internet, Evaluasi soal-soal ujian sebelumnya, Mengadakan Try Out dari MGMP, Bekerjasama dengan orangtua, Mengadakan asrama, Istighasah dan motivasi.
Sedangkan faktor pendukung dan penghambat MAN Turen dalam meningkatkan kelulusan siswa adalah maksimalnya penggunaan sarana dan prasaran pendukung pembelajaran, pembelajaran yang menyenangkan, guru yang berpengalaman, sesuai dengan bidang studi yng diajarkan, kreatif, memberikan tugas, cara-cara belajar yang baik, rutin pertemuan dewan guru, sedangkan faktor penghambatnya adalah keadaan lingkungan semakin banyaknya hiburan seperti internet, HP, kurangnya dukungan dari orang tua, dan pembelajaran efektif hanya pada saat kelas XII (tiga).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tingkat Kelulusan; Ujian Nasional | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:43 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45402 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |