Setyo, Salut Trusti Aku (2009) Upaya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Bahrul Muhtadin Sekarputih Batu dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04120028.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (747kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an sebagai kitab suci yang sempurna sekaligus paripurna, yang merupakan wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai rahmat bagi semesta alam. Mendidik Al-Qur’an merupakan hak dan kewajiban utama anak yang harus ditunaikan oleh kedua orang tuanya, karena Al-Qur’an merupakan lambang agama Islam yang paling asasi dan hakiki. Memberikan pendidikan Al-Qur’an pada anak termasuk bagian dari menjunjung tinggi supremasi nilai-nilai spiritualisme islam.
Perlunya memberikan pendidikan Al-Qur’an pada anak-anak berlandaskan Al-Qur’an, merupakan upaya penanaman pendidikan sejak dini agar nilai-nilai Kitab Suci Al-Qur’an tertanam dan bersemi dalam jiwa anak sejak dini. Dengan demikian pengajaran Al-Qur’an dalam arti mulai dari membaca sampai mengamalkannya merupakan persoalan yang teramat sentral dalam Islam pada khususnya, dan berdirinya lembaga pendidikan Al-Qur’an pada saat ini kian menampakkan hasilnya dalam upaya untuk memberantas persoalan umat yaitu buta baca tulis Al-Qur’an.
Adapun kajian yang dijadikan pembahasan dalam skripsi ini meliputi 3 hal yaitu tentang sistem dan metode pendidikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), tentang dasar keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Bahrul Muhtadin. Kedua tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Bahrul Muhtadin yang meliputi masalah anak didik, masalah tenaga pendidik, masalah dana dan biaya pendidikan, dan masalah sarana dan prasarana pendidikan, juga alternatif pemecahannya yang dijadikan titik tolak untuk mengantisipasi timbulnya masalah lain yang dapat menghambat jalannya pengajaran Al-Qur’an. Ketiga upaya peningkatan kualitas pendidikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), yang merupakan tujuan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an bagi peranannya di masa depan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni berupa kata-kata, gambaran dan bukan angka-angka. Sumber data sekaligus informan adalah pengasuh Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), kepala Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), ustadz/ustadzah serta pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini bila diperlukan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yakni dengan melalui observasi, interview serta dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data diskriptif kualitatif. Kemudian pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, trianggulasi. Adapun tahap-tahap penelitian yang peneliti lakukan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Penelitian dilaksanakan secara cermat dengan persiapan-persiapan matang yang diperlukan dilapangan. Penulis menyajikan hasil pembahasan dan analisis penelitian berdasarkan pengamatan dan pengecekan data-data secara sistematis.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) merupakan suatu lembaga pendidikan non formal yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya dalam rangka mengentaskan buta huruf Al-Qur’an. Dalam hal ini dapat diketahui dari sistem dan metode pendidikan bahwa target dan tujuan anak dalam pendidikan Al-Qur’an yang memerlukan waktu yang relatif singkat adalah mampu membaca Al-Qur’an secara tartil (benar dan lancar) sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Dapat menghafal surat- surat pendek, dapat menghafal surat-surat pilihan, dapat menghafal do’a sehari- hari, melakukan praktek wudhu dan sholat, dll. Dimana dalam proses pengajarannya lebih menekankan pada anak didik/santri yang menuntut keaktifan, kreatifitas dan kecerdasan santri. Adapun secara umum tujuan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yaitu menyiapkan anak didiknya menjadi generasi Qur’ani yang mencintai Al-Qur’an sebagai bacaan dan pandangan hidup sehari-hari.
Dengan adanya masalah yang terjadi di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Bahrul Muhtadin yang berkaitan dengan proses belajar mengajar telah dapat diatasai dengan adanya alternatif pemecahannya. Dalam hal upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Bahrul Muhtadin mengupayakan berbagai macam cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar yang mencakup anak didik, tenaga pendidik, metode pengajaran, dana dan biaya, sarana dan prasarana pendidikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi pengajar TPQ agar terus meningkatkan kualitas pendidikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) agar dapat menjadi lembaga pendidikan non formal dalam bidang keagamaan yang dapat dikenal oleh masyarakat luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya; Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ); Kualitas; Pembelajaran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:35 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45396 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |