Jayanti, Titin Dwi (2010) Penggunaan Media Audio Visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Sunan Giri Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110037.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kemajuan yang dicapai manusia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi membuat pengetahuan dan teknologi itu sendiri berkembang semakin pesat. Pola hidup manusia dengan kemajuan teknologi mempunyai hubungan erat, pendidikan adalah wadah yang paling menonjol dalam rangka kemajuan itu. Dalam pembelajaran, ada beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu salah satunya adalah menggunakan media audio visual, karena media audio visual dapat menyampaikan pengertian atau informasi dengan cara yang lebih konkrit atau lebih nyata daripada yang dapat disampaikan oleh kata-kata yang diucapkan. Dengan melihat sekaligus mendengar, orang yang menerima pelajaran dapat lebih mudah dan lebih cepat mengerti. Proses pembelajaran saat ini sebatas sebagai proses penyampaian ”pengetahuan tentang materi Fiqih”. Mayoritas metode pembelajaran fiqih yang selama ini masih ditekankan pada hafalan, dan ceramah, penyampaian materi ini kurang variatif, tidak menggunakan media audio visual, akibatnya siswa kurang memahami manfaat apa yang telah dipelajarinya.
Penelitian ini mendiskripsikan tentang penggunaan media audio visual dalam meningkatkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Sunan Giri Probolinggo. Dengan rumusan masalah yang peneliti gunakan adalah bagaimana tujuan guru menggunakan media audio visual, materi apa yang menggunakan media audio visual, bagaimana proses penggunaan media audio visual dan bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual pada mata pelajaran fiqih di MTs Sunan Giri Probolinggo, yang bertujuan untuk mengetahui tujuan guru menggunakan media audio visual, materi yang menggunakan media audio visual, proses penggunaan media audio visual dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual pada mata pelajaran fiqih di MTs Sunan Giri Probolinggo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dekomentasi. Analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari interview dari pihak-pihak yang terkait.
Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: tujuan guru menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kualitas siswa dalam proses belajar mengajar, memudahkan siswa untuk belajar, untuk memudahkan guru dalam menjelaskan tentang materi pelajaran fiqih. Disamping itu, Materi yang digunakan oleh guru adalah materi shalat, thaharah, puasa dan haji, sebab materi ini materi yang paling pokok untuk umat Islam. Sedangkan proses penggunaan media audio visual yaitu waktu yang digunakan harus terjadwal, supaya proses belajar mengajar menjadi baik dan efektif. Sebelum menggunakan media audio visual, guru harus mempunyai langkah persiapan, pelaksanaan, kegiatan lanjutan, serta adanya sarana prasarana yang mendukung dalam pembelajaran seperti, televisi, video, komputer, dan LCD dan adanya Lab 3 bahasa, sehingga menjadikan siswa lebih tanggap, pintar, cermat dalam menggunakan teknologi. Adapun yang menjadi hambatan dalam proses penggunaan media audio visual ialah kurangnya fasilitas (minim), keterlambatan siswa, keterbatasan waktu, dan kebanyakan guru menggunakan metode yang lama seperti ceramah, sehingga pembelajaran yang dilakukan guru cenderung menonton dan membosankan, kondisi ini terdampak terhadap belajar siswa. Setelah menggunakan media audio visual hasil yang diperoleh siswa lebih baik dibandingkan tidak menggunakan media audio visual, rata-rata siswa mendapat nilai 70-80 dengan catatan ketegori ”baik”. Jadi, menggunakan media audio visual sudah mencapai keberhasilan bagi guru dan siswa, sebab media audio visual bermanfaat bagi guru dan siswa pada proses belajar mengajar.
Saran yang ditawarkan peneliti tentang penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih adalah harus di adakan pelatihan bagi guru yang belum bisa menggunakan teknologi, sehingga menjadikan guru yang berkualitas dan perlu ditambahkan sarana prasarana. Untuk itu lembaga pendidikan diharapkan memfasilitasi kebutuhan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Audio Visual; Hasil Belajar; Mata Pelajaran Fiqih | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:08 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45387 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |