Iffatunnisa’, Iffatunnisa’ (2010) Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Program Madrasah Bertaraf Internasional (MABI) di MAN 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110034.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (677kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pada era globalisasi sekarang ini yang telah merambah ke dalam dunia pendidikan, menuntut sekolah untuk melakukan berbagai upaya yang berorientasi pada penciptaan kompetensi lulusan yang berdaya saing global. Upaya yang harus dilakukan dalam rangka memperbaki mutu sumber daya manusia adalah dengan meningkatan mutu pendidikan terkait persiapan menghadapi adanya persaingan dan tantangan global di gelanggang internasional dengan segala pergeseran atau perubahan tata nilai. Seiring dengan hal tersebut pemerintah berusaha untuk mengangkat keunggulan kualitas pendidikan yaitu melalui penyelenggaraan Sekolah/ Madrasah Bertaraf Internasional.
Madrasah sebagai representatif dari sekolah yang berciri khas Islam di bawah naungan Departemen Agama sudah mulai menyelenggarakan Madrasah Bertaraf Internasional. Kualitas lulusan madrasah dapat memperoleh pengakuan dan kualitas yang sama dengan sekolah umum lainnya. Sejalan dengan program unggulan fullday school, boarding school, dan program akselerasi MAN 3 Malang menyediakan kelas khusus Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional (MABI) berorientasi Timur Tengah. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Program Mdrasah Bertaraf Internasional (MABI) di MAN 3 Malang.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam program Madrasah Bertaraf Internasional (MABI) di MAN 3 Malang serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam program Madrasah Bertaraf Internasional (MABI) di MAN 3 Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwasanya secara umum pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di program Madrasah Bertaraf Internasional (MABI) tidak jauh berbeda dengan kelas reguler, yang membedakannya terletak pada pengantar pembelajaran yang menggunakan Bahasa Arab dan modulnya sebagian besar berupa kitab-kitab dengan literatur berbahasa Arab dari Timur Tengah, dengan kurikulum yang dikembangkan dari kurikulum MAPK (Madrasah Aliyah Program Keagamaan) dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).
Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di program Madrasah Bertaraf Internasional (MABI) dari sini dapat dipahami bahwa faktor pendukungnya disamping kemampuan siswa Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional (MABI) yang secara aktif dapat menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar, adanya struktur kurikulum, juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang pembelajaran yang memadai. Sedangkan beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di program Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional (MABI), diantaranya belum adanya legalitas hukum berupa SK dari pusat terkait program tersebut, kompetensi guru yang masih belum maksimal, kemampuan di antara siswa yang tidak sama serta keterbatasan literatur yang ada.
Pengoptimalan pelaksanaan pembelajaran dan sarana penunjang pembelajaran terkait untuk segera memiliki legalitas hukum, penjaringan seleksi siswa yang lebih selektif dan penambahan literatur yang ada dapat merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada. Kalaupun masih ada alternatif lain yang lebih baik dari apa yang telah disampaikan dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan masukan agar skripsi ini dapat terus berkembang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Madrasah Bertaraf Internasional | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:05 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45386 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |