Ulfa, Maria (2011) Analisis tingkat Elastisitas Faktor Dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian produk melalui pendekatan Teori Cobb-Douglas: Studi kasus Road Map hasil penelitian Mahasiswa FE UIN Maliki Konsentrasi Pemasaran. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510024.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (849kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi UIN Maliki. Sasaran dari penelitian ini yaitu adanya Road Map hasil riset skripsi mahasiswa FE UIN Maliki pada konsentrasi pemasaran. Dari tahun 2005-2010 mahasiswa yang telah melakukan penelitian tentang keputusan pembelian terlihat paling banyak. Oleh itu peneliti sekarang mengumpulkan semua dari peneliti terdahulu dan mengambil variabel yang dominan dari peneliti terdahulu. Dari variabel yang dominan tersebut akan dicoba dari aspek elastisitasnya dengan pendekatan teori Cobb- Douglas.
Penelitian ini bertujuan untuk ingin menganalisis variabel dominan dari produk makanan, non makanan dan minuman yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian seorang konsumen betul-betul merupakan variabel yang dominan jika dilihat dari aspek elastisitasnya, ingin mendeteksi tingkat elastisitas dari variabel yang dominan betul-betul telah menunjukkan eksistensinya dalam mempengaruhi terhadap keputusan pembelian seorang konsumen dan ingin menganalisis variabel yang dominan tersebut mempunyai relevansi dengan tingkat elastisitasnya jika diukur dengan pendekatan teori Cobb-Douglas.
Metode analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan diatas adalah dengan menggunakan model Cobb-Douglas.
Hasil penelitian menunjukkan, untuk produk makanan (Y1) terdapat hubungan yang tidak cukup erat antara variabel Ln Bahan Kemasan terhadap Ln Keputusan Pembelian produk makanan yaitu sebesar 28,7% dengan R square sebesar 0,082 dan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk produk non makanan (Y2) terdapat hubungan yang cukup erat antara variabel Ln Sales Promotion, variabel Ln Kesadaran Merek, dan variabel Ln Isi Pesan terhadap Ln Keputusan Pembelian sebesar 86,1% dengan Adjusted R square sebesar 72,1% dan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan untuk produk minuman (Y3) hubungan yang cukup erat antara variabel Ln Promosi, variabel Ln Isi Pesan, variabel Ln Label, variabel Ln Kemasan, variabel Ln Ungkapan Visual, variabel Ln Merek, dan variabel Ln Sumber Pesan terhadap Ln Keputusan pembelian sebesar 97,2%. dengan Adjusted R square sebesar 93,3% dan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Uji F menyatakan untuk produk makanan (Y1) secara serentak variabel Ln Bahan Kemasan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Ln Keputusan Pembelian. Untuk produk non makanan (Y2) secara serentak Ln Sales Promotion, variabel Ln Kesadaran Merek, dan variabel Ln Isi Pesan terhadap Ln Keputusan Pembelian. Sedangkan untuk produk minuman (Y3) secara serentak variabel Ln Promosi, variabel Ln Isi Pesan, variabel Ln Label, variabel Ln Kemasan, variabel Ln Ungkapan Visual, variabel Ln Merek, dan variabel Ln Sumber Pesan terhadap Ln Keputusan pembelian.
Uji t menunjukkan bahwa untuk produk makanan (Y1) tidak terdapat variabel yang dominan, untuk produk non makanan (Y2) terdapat variabel yang dominan yaitu variabel Ln Kesadaran Merek, dan variabel Ln Isi Pesan. Sedangkan untuk produk minuman (Y3) terdapat variabel yang dominan yaitu variabel Ln Sumber Pesan, variabel Ln Isi Pesan, variabel Ln Ungkapan Visual dan variabel Ln Promosi.
ABSTRACT
This research was conducted at the Faculty of Economics UIN Maliki. The objective of this research is the Road Map of FE students thesis researchs of UIN Maliki at a concentration of marketing. From the year 2005-2010 students who have done research on the most widely seen buying decision. Therefore, the researcher is now collecting all of the previous investigators and took the dominant variables of previous researchers. From the dominant variable is tried from the elasticity aspect by using Cobb-Douglas theory approach.
This study is aimed to analyze the dominant variables of food products, non food and beverages that affect a consumer's purchasing decision which really represents a dominant variable when it is viewed from the aspect of its elasticity, to detect the level of elasticity of the dominant variable that has really been showing its existence in influencing a consumer's purchasing decision and want to analyze the dominant variables have relevance to the degree of elasticity when it is measured by the Cobb-Douglas theoretical approach.
The method of analysis used to answer the above purpose is by using a Cobb-Douglas model.
The results showed, for food products (Y1) there is no sufficient close connection of the variables of Ln Packaging Material toword Ln Purchasing Decision food product that is equal to 28.7% with R square of 0.082 and the rest is explained by other factors whichare not examined in this research. For non-food products (Y2) there is a fairly close relationship among the variables Ln Sales Promotion, Brand Awareness Ln variables, and Ln variable of message content against Ln purchasing Decision by 86.1% with Adjusted R square of 72.1% and the rest is explained by other factors whice are not examined in this study. As for beverage products (Y3) a fairly close relationship among the variables Ln Promotions, variable Ln content of message, Ln variable of labeling, variable Ln of Packaging, Ln variable of Visual expression, Brand Ln variables, and variable Ln of Messages Resources on purchasing decision by 97, 2%. with Adjusted R square of 93.3% and the rest is explained by other factors which are not examined in this study.
Test F states for food products (Y1) simultaneously that Packaging Materials of Ln variable does not significantly influence the Ln purchasing decision. For non-food products (Y2) simultaneously Ln Sales Promotion, Brand Awareness Ln variables, and variable message content against Ln Purchasing
Decision. whereas beverage products (Y3) simultaneously variable Ln Promotions, in of content of message, Ln variable labelling, variable of Packaging, Ln variable of Visual expression, Brand Ln variables, and variable Ln of message sources toward the purchasing.
T test showed that for food products (Y1) there is no dominant variable, for non-food products (Y2) there is a dominant variable that is Ln variable of Brand Awareness, and Ln variable of message content. Whereas for beverage products (Y3) there are dominant variables those are the Ln variable of Source of message, Ln variable of message content, Ln variable of visual expression and Ln variable of Promotion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Elastisitas; Keputusan Pembelian produk makanan; non makanan dan minuman (Pendekatan Teori Cobb Douglas); Elasticity; Purchasing Decision of food products; non food and beverage; (Cobb-Douglas Theory Approach) | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45371 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |