Rohmawati, Ulfia (2007) Pengaruh latar belakang pendidikan orangtua terhadap prestasi mata pelajaran Pendidikan Agama islam siswa SMA Negeri 1 Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02110305.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (344kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
engingat bahwa keluarga sebagai salah satu dari tri pusat pendidikan, maka hubungan anak dengan orangtua merupakan suatu interaksi yang akan membawa dampak tersendiri pada jiwa dan kepribadian anak. Dimana keluarga mempunyai pengaruh yang sangat besar dan memberi iklim terhadap belajar serta pertumbuhna. Pada keluarga terpelajar anak akan terbiasa berhubungna dengan pola-pola pergaulan yang tak terlepas dari pribadi pelajar yang memimpin suatu keluarga sehingga mempunyai sumbangan terhadap pendidikan. Oleh karena itu orangtua selaku pihak yang memiliki kewajiban untuk menumbuh kembagkan jiwa dan kepribadian akan harus bisa memberikan contoh yang dapat ditiru dan digugu oleh anak-anaknya. Orangtua juga harus tahu betapa pentingnya pengaruh pendidikan dan pengajaran orangtua terhadap anak-anaknya sehingga mampu melaksakan pendidikan kepada anaknya dengan baik dan benar terutama pendiikan agama.
Sedangkan prestasi mata pelajaran pendidikan agama islam adalah prestasi bidang studi pendidikan agama islam yang berlangsung di sekolah. Di dalam mencapaim prestasi pendidikan agama islam terdapat dua faktor yaitu faktor yang berasal dari anak itu sendiri dan faktor yang berasal dari luar, seperti tingkat pendidikan orangtua, kesadaran orangtua terhadap pendidikan dan kesadaran beragama orangtua.
Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tekhnik angket, interview dan dokumentasi. Sedangkan pengambilan sampel mengunakan random sampling yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bojonegoro yang berjumlah 265 siswa dan diambil 20% yaitu 53 siswa. Uji validitas menggunakan tekhnik korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan tekhnik Alfa chonbach dengan bantuan komputer. Selanjutnya untuk mengetahui hasil dan yang dikumpulkan dilakukanperhitungan dengan menggunakan tekhnik product moment. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan ada pengaruh antara latar belakang pendidikan orangtua dengan prestasi mata pelajaran pendidikan agama islam siswa, dengan nilai Thitung sebesar 4.809, nilai ini lebih besar dari nilai t tabel yaitu (4.809>2.008) dengan signifikan lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000. ini artinya Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh antara latar belkang pendidikan orangtua (X) terhadap prestasi mata pelajaran pendidikan agama islam (Y)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Latar Belakang Pendidikan Orangtua; Prestasi Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:05 | ||||||
Last Modified: | 14 Apr 2023 14:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45366 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |