Fungsi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tuban

Marom, Aufal (2009) Fungsi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04310129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (798kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hidup dan kehidupan manusia. Pendidikan sebagai salah satu kebutuhan, fungsi sosial, pencerahan, bimbingan, sarana pertumbuhan yang mempersiapkan dan membukakan serta membentuk disiplin hidup. Hal demikian membawa pengertian bahwa bagaimanapun sederhananya suatu komunitas manusia, ia akan memerlukan adanya pendidikan. Sebab pendidikan secara alami sudah merupakan kebutuhan hidup manusia.

Pendidikan agama Islam adalah suatu usaha sadar generasi tua (pendidik) untuk mengarahkan pengalaman, pengetahuan, kecakapan dan ketrampilan kepada generasi muda (anak didik) agar kelak menjadi manusia muslim, bertakwa kepada Allah swt, berbudi luhur, berkepribadian yang utuh yang secara langsung mamahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya melaksanakan ibadah shalat. Ibadah shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim dan muslimah, ibadah shalat adalah serangkaian perbuatan yang dilakukan dengan maksud ibadah (menyembah) Allah, yang diawali dengan takbiratul ihrom dan diakhiri dengan salam.

Penelitian ini mendiskripsikan tentang fungsi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tuban. Dengan rumusan masalah yang peneliti gunakan adalah pelaksanaan pendidikan agama Islam, fungsi pendidikan agama Islam dan faktor pendukung dan factor penghambat pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tuban.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisis deskriftif kualitatif artinya peneliti berupaya menggambarkan kembali data-data yang terkumpul mengenai fungsi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tuban.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam cukup baik, hal ini bisa dilihat dari proses belajar mengajar yang berlangsung sudah berjalan dengan baik, baik dalam hal penyampaian materi, metode yang digunakan, maupun dalam hal praktek ibadahnya. Kedua, fungsi pendidikan agama Islam sangat besar sekali dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat. Dari hasil wawancara diatas, dengan adanya pendidikan agama Islam siswa-siswi lebih mengerti tentang segala hal yang berkaitan dengan agama Islam, dan juga dalam hal memotivasi siswa dalam melaksanakan ibadah. Dalam observasinya peneliti juga menyaksikan sendiri bahwa sudah banyak siswa-siswi yang benar-benar melaksanakan shalat berjamaah, walaupun dari segi jumlah tidak sebanyak yang disampaikan oleh Kepala Madrasah. Ketiga, faktor yang mendukung dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat di Madrasah Aliyah Negeri Tuban adalah: (1) Dewan guru yang berdedikasi tinggi, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik, (2) Wali kelas yang selalu memantau perkembangan anak didiknya, dan (3) Sarana dan Prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (1) Motivasi siswa yang kurang, (2) Lingkungan luar sekolah yang kurang baik, dan yang terakhir (3) Kurangnya perhatian wali murid terhadap pendidikan anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Ibadah Shalat
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 16 Aug 2016 05:25
Last Modified: 16 Aug 2016 05:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4536

Actions (login required)

View Item View Item