Muqtasidah, Iyut Dian (2011) Analisis Faktor Kualitas pelayanan Jasa dan kelompok acuan terhadap keputusan bersekolah: Studi kasus pada Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07510021.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kualitas pelayanan jasa dan kelompok acuan yang dalam hal ini adalah bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan kelompok acuan terhadap keputusan bersekolah di lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamongan baik secara parsial maupun simultan serta untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap keputusan bersekolah. dan untuk mengetahuui faktor– faktor apa sajakah yang dipertimbangkan oleh siswa dalam melakukan keputusan bersekolah.
Pengujian hipotesis dilakukan pada 100 responden yang merupakan siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamongan, dengan pendekatan kuantitatif dan penggalian data dengan menggunakan wawancara, penelitian ini berfokus pada lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamongan dengan teknik statistik deskriptif. Dalam penelitian ini, analisis data menggunakan Analisis faktor dan model regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis faktor maka harus dilakukan pengujian MSA dan KMO. Dan sebelum melakukan analisis regresi, maka harus dilakukan uji normalitas data dan uji asumsi klasik, sehingga bisa mendapatkan nilai yang baik.
Setelah data diolah dengan pengujian analisis faktor serta dengan adanya rotasi maka faktor yang terbentuk dalam penelitian ini adalah lima faktor berdasarkan nilai eigenvalue > 1 dan dari component matrix yang ada akan dapat diketahui penyebaran dari setiap variabel kedalam faktor yang terbentuk adapun faktor-faktor yang terbentuk dalam penelitian ini adalah faktor Bukti Langsung (F1), faktor keandalan (F2), fakto Daya Taggap (F3), faktor empati (F4), faktor jaminan (F5). Dari hasil analisis secara parsial dengan level of significant 5 % variabel yang mempengaruhi secara signifikant terhadap pendapatan adalah bukti langsung, keandalan dan kelompok acuan sedangkan faktor daya tanggap, jaminan dan empatil tidak berpengaruh secara signifikant terhadap pendapatan. Secara simultan dengan level of significant 5 % faktor kualitas pelayanan jasa dan kelompok acuan yang diukur dengan bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan kelompok acuan mempengaruhi secara signifikan terhadap pendapatan. Faktor kualitas pelayanan jasa dan kelompok acuan dalam penelitian ini mampu menjelaskan perubahan keputusan bersekolah sebesar 30,3%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel bebas lain. Adapun variabel yang dominan mempengaruhi pendapatan adalah keandalan, hal ini ditunjukkan oleh nilai koefesien beta sebesar 0,585.
ABSTRACT
This study aimed to investigate the influence factors of service quality and reference group in this case are direct evidence, reliability, responsiveness, assurance, empathy and a reference group toward the decision to go to school at State educational institutions of Madrasah Aliyah (MAN) Lamongan partially or simultaneously as well as to determine the dominant variables on the decision to go to school. And to know what are the factors considered by the students in making the decision to go to school.
The hypothesis testing conducted on 100 respondents who were as the students of Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamongan, with a quantitative approach and data mining using interviews, this research focused on the institution Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamongan with descriptive statistical techniques. In this study, the data analysis using factor analysis and multiple linear regression model. Before conducting factor analysis then the testing of KMO and MSA should be conducted. And before doing the regression analysis, it must be done normality test of data and the test of the classical assumption, so they can get a good grade.
Then after the data processed by the testing of factor analysis and the rotation, so the factors that formed in this study were five factors based on the value of eigenvalue> 1 and from the existing matrix components, it will be known that the distribution of each variable is into a form of factors as for the factors that formed in this research are Direct Evidence factor (F1), the reliability factor (F2), responsiveness factor (F3), empathy factor (F4), security factor (F5). From the partial results of the analysis with 5% level of significant, the variables that affect significantly on the earnings are direct evidence, the reliability and reference groups, while responsiveness, assurance and emphathy factors did not affect significantly on the income. Simultaneously, with 5% significant level, the service quality factors and reference groups as measured by direct evidence, reliability, responsiveness, assurance, empathy and reference group influence significantly on income. The service quality factors and reference groups in this study could explain the changes in the shcooling decision for 30.3%, while the rest is explained by other independent variables. The dominant variable affecting earnings are rehability, this is indicated by the value of beta coefficient of 0.585.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bukti Langsung; keandalaan; Daya Tanggap; Jaminan; Empati; Kelompok Acuan; Direct evidence; Reliability; Response; Security; Empathy; Group Reference | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45353 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |