Nasilah, Tatik (2007) Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Kwanyar Bangkalan Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02110270.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (449kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan zaman yang terus berubah menuju kearah kemajuan, dalam era persaingan yang semakin bebas seperti saat ini. Pemimpin lembaga pendidikan dituntut untuk dapat memberikan kwalitas pendidikan yang bermutu karena pendidikan yang kurang bermutu lama kelamaan akan ditinggal oleh masyarakat dan tersingkirkan dengan sendirinya.
Untuk meningkatkan kwalitas pendidikan maka diperlukan seorang pemimpin yang bertanggung jawab dan profesional karena kepala sekolah merupakan kunci keberhasilan yang harus menaruh perhatian tentang apa yang terjadi pada peserta didik disekolah dan apa yang dipikirkan orang tua dan masyarakat tentang sekolah. kunci keberhasilan suatu sekolah pada hakekatnya terletak pada efisiensi dan efektivitas penampilan seorang kepala sekolah. Keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah dan keberhasilan kepala sekolah adalah keberhasilan sekolah.
Dalam rangka melakukan peran dan fungsi sebagai manajer, kepala sekolah SMA Negeri 01 Kwanyar Bangkalan memiliki strategi yang tepat untuk memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerjasama atau koperatif, memberi kesempatan kepada para tenaga pendidikan untuk meningkatkan profesinya, dan mendorong keterlibatan seluruh tenaga kependidikan dalam berbagai kegiatan yang menunjang program sekolah.
Mutu pendidikan suatu instansi sekolah sangat diperlukan karena suatu pembentuk karekter penerus bangsa. Diharapkan penerus bangsa mampu memahami IQ, EQ, ESQ. kepala sekolah sebagai pemimpin diharapkan mampu mencetak lulusan sesuai dengan yang diharapkan bangsa Indonesia.
Sesuai dengan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Untuk mengetahui tipe kepemimpinan kepala sekolah, untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai manajer pendidikan, untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kwalitatif. Hal ini dilakukan peneliti dengan pertimbangan bahwa pendekatan ini sesuai dengan fokus masalah yang mengharuskan peneliti untuk melakukan berbagai aktifitas eksplorasi untuk memahami dan menjelaskjan berbagai permasalahan yang diangkat dalam sekripsi ini secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan oleh penbeliti dengan berbagai tehnik dalam penelitian kwalitatif yaitu diantaranya observasi, dokumentasi edan interview.
Dari hasil penelitian tersebut diharapkan peneliti dapat mengambil manfaat dari pelaksanaan penelitian ini yaitu: (1) Dapat membantu memberikan pemikiran kepada lembaga-lembaga sekolah untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan mutu pendidikan, terutama masalah kemampuan kelulusan,(2) Bagi Kepala Sekolah sebagai manajer pendidikan dapat digunakan sebagai masukkan dan pertimbangan untuk meninjau kembali dan memperbaiki lembaganya dalam rangka meningkatkan kualitas output, (3) Bagi lembaga-lembaga lain dapat dijadikan sebagai motivasi untuk menilai seberapa jauh kemampuan manajerial (Kepala Sekolah sebagai pemimpin pendidikan) dalam melaksanakan profesionalisme serta hasil-hasil yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghofir, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:05 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45331 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |