Upaya guru menanggulangi kesulitan belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kademangan Blitar

Amanah, Ulfa Suci (2008) Upaya guru menanggulangi kesulitan belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Kademangan Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03140044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (729kB)

Abstract

INDONESIA:

Dalam kegiatan belajar yang dilakukan siswa tidaklah selalu lancar seperti apa yang diharapkan. Kadang-kadang mereka mengalami kesulitan atau hambatan dalam kegiatan belajar dalam hal ini pendidikan agama Islam. Tapi tidak semua siswa yang mengalami kesulitan belajar bidang studi pendidikan agama Islam. Berbagai kesulitan belajar bidang studi pendidikan agama Islam yang dialami siswa antara lain: kesulitan menerima pelajaran yang diberikan oleh guru, kesulitan menghafal pelajaran dan kesulitan mempelajari pelajaran yang ditandai dengan hasil belajar yang rendah, lambat dalam mengerjakan tugas-tugas belajar yang diberikan oleh guru agama, serta hasil belajar yang dicapai tidak seimbang dengan upaya yang dilakukan. Untuk itu dalam setiap kegiatan proses belajar mengajar, para guru bidang studi pendidikan agama Islam sendiri selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi siswanya dengan cara memilih metode dan pendekatan belajar yang baik, sehingga siswa akan termotivasi untuk selalu rajin dan tekun dalam belajar.

Melihat fenomena yang ada, maka peneliti tertarik untuk meneliti keberadaan sekolah tersebut. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru menanggulangi kesulitan belajar siswa pendidikan agama Islam serta untuk faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa.

Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Sedangkan metode dalam pengumpulan data adalah metode wawancara (interview), dokumentasi, observasi dan angket (kuesioner). Agar data yang dihasilkan dapat mewakili keseluruhan populasi maka dalam pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling yang mana diwakili oleh siswa kelas IV, V, VI yang berjumlah 60 orang siswa.

Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk data yang tidak bisa direalisasikan dengan angka, sedangkan untuk penjabaran data angket maka peneliti menggunakan teknik prosentase dengan rumus sebagai berikut:

P = F x100%
N
Keterangan: P = Prosentase
N = Jumlah Responden
F = Frekwensi Jawaban.
100 = Bilangan standarisasi

Sebagai kesimpulan dari penelitian tersebut ternyata bahwa hanya ada beberapa siswa saja yang mengalami kesulitan belajar. Hal tersebut disebabkan karena adanya upaya-upaya preventif yang sebagian besar telah dilaksanakan secara baik, misalnya dalam hal peningkatan pengetahuan guru, mendatangkan nara sumber bila ada kegiatan yang membutuhkan tenaga professional serta upaya yang datangnya dari siswa itu sendiri maupun dari guru. Hanya saja masalah fasilitas atau peralatan sedikit kurang terpenuhi sesuai dengan kebutuhuan. Walaupun demikian proses belajar mengajar tetap berjalan lancar, sehingga siswa tersebut diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Satral, Satral
Keywords: Upaya Guru; Kesulitan Belajar; Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 16 Aug 2016 05:24
Last Modified: 16 Aug 2016 05:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4533

Actions (login required)

View Item View Item