Mujab, Saiful (2009) Upaya peningkakan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswi kelas XI di SMA An-Nur Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110229.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pada umumnya sekolah di Indonesia adalah sekolah yang bercampur putra dan putri. Sekolah yang bercampur putra dan putri dapat mengurangi keefektifan siswa dalam proses belajar, yang menyebabkan tidak tercapainya prestasi belajar yang maksimal. Karena gaya belajar perempuan dan laki-laki berbeda dan hal-hal lain yang mendukung proses belajar yang berbeda pula, seperti struktur otak, daya tangkap, dan daya ingat. Dengan sistem sekolah satu jenis kelamin, hal tersebut dapat dijembatani karena di sekolah yang khusus putra/putri guru dapat menerapakan metode mengajar sesuai dengan gaya belajar siswa. Berbagai penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa sistem sekolah sekolah yang khusus putra/putri mampu meningkatkan prestasi belajar dalam keterampilan berbahasa, matematika dan sains. Sementara itu pengkajian mengenai upaya yang dapat dilakukan oleh para guru di sekolah yang khusus putra/putri untuk mengoptimalisasikan kemampuan siswa dalam mencapai prestasi yang lebih baik dengan memanfaatkan potensi yang ada belum pernah diteliti
Dari latar belakang di atas, dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas XI SMA An Nur Bululawang, 2) Bagaimana upaya yang dapat dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMA An Nur Bululawang dalam peningkatan prestasi belajar
PAI.
Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan yang digunakan antara lain kuesioner, interview, dokumentasi, dan observasi. Kemudian data-data yang diperoleh dianalisa dengan jalan “mendiskripsikan data melalui penalaran logis yang mencerminkan kondisi obyek penelitian”. Data yang berasal dari kuesioner
dianalisa menggunakan rumus:
P F x 100 %
N
Data observasi, dokumentasi dan interview direkap dan dipadukan sehingga akan menjadi informasi yang mencerminkan kondisi obyek penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswi kelas XI SMA An Nur Bululawang termasuk dalam kategori baik, dimana 51% siswi memperoleh nilai 8 dalam raport mereka. Akan tetapi masih ditemukan nilai yang berada dibawah standart kelulusan minimum (SKM) yaitu sebanyak 20% siswi dengan nilai 6 dan 1% dengan nilai 5. Hasil belajar yang tertuang dalam raport tersebut merupakan gabungan penilaian dari segi kognitif, afektif dan psikomotor yang diraih siswi setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar selama satu semester. (2) Upaya yang telah dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA An Nur Bululawang antara lain melalui pengkombinasian dan pemvariasian metode pembelajaran yaitu metode ceramah, diskusi dan kerja kelompok, tanyajawab, praktek, dan field-trip (outbound). Akan tetapi metode ceramah yang paling sering digunakan sehingga para siswi cenderung merasa bosan. Selain itu para guru telah dapat mempergunakan media pembelajaran secara tepat guna sesuai dengan materi yang sedang disampaikan dan metode yang digunakan. Dengan demikian suasana belajar dikelas menjadi lebih kondusif dimana para siswi memiliki motivasi yang tinggi untuk mengikuti kegiatan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:04 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45329 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |