Andayani, Anik Sri (2006) Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran di SDN Randuagung 01 Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02110165.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (370kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu unsur terpenting dalam proses belajar mengajar adalah media pembelajaran. Media pembelajaran adalah sarana atau alat untuk menyampaikan pesan- pesan dari guru kepada siswa. Maka, bagi guru dan calon guru harus mempelajari dan menguasai media pembelajaran, karena penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran khususnya materi pendidikan agama Islam yang sedang disampaikan oleh guru. Jadi dalam proses belajar mengajar dibutuhkan suatu media pembelajaran untuk mencapai sasaran yang diinginkan. Mengingat begitu besar peran media pembelajaran maka penulis tertarik untuk membahas tentang ”Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Randuagung 01 Lumajang”. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN Randuagung 01 Lumajang, untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN Randuagung 01 Lumajang.
Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel penelitian yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan 65 siswa yang terdiri dari 10 siswa kelas III, 15 siswa kelas IV, 20 siswa kelas V, dan 20 siswa kelas VI. Penelitian menggunakan tehnik random sampling (sampel acak), sedangkan untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisa dengan tehnik analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan rumus prosentase yaitu:
P = F x100%
N
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah benar, sedangkan media pembelajaran yang digunkan beraneka ragam macamnya, serta media pembelajaran yang digunakan oleh guru pendidikan agama Islam memberikan pengaruh yang sangat besar baik bagi guru maupun bagi siswa.
Maka dapat diambil kesimpulan bahwa Bahwa penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, harus berdasarkan kriteria pemilihan media pembelajaran, agar proses belajar mengajar dapat berjalan efektif. Adapun kriteria pemilihan media pembelajaran adalah: (1) disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, (2) disesuaikan dengan karakteristik siswa, (3) kondisi dan situasi. Adapun media pembelajaran yang digunakan oleh guru pendidikan agama Islam pada proses belajar mengajar di SDN Randuagung 01 Lumajang mencakup media elektronik dan media non elektronik. Adapun media elektronik terdiri dari televisi, VCD player, sedangkan yang termasuk dalam media non elektronik adalah: media bahan-bahan cetak yang terdiri dari lembar kerja siswa (LKS),
buku pegangan/buku mata pelajaran pendidikan agama Islam, media pemanfaatan lingkungan yang terdiri dari: perpustakaan dan musholla, media bentuk papan terdiri dari papan tulis, papan tempel, media grafik terdiri dari poster, dan media dramatisasi (bermain peran), sedangkan pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada matapelajaran pendidikan agama Islam di SDN Randuagung 01 Lumajang adalah: meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang sedang disampaikan, mendorong siswa untuk belajar mandiri, meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan kesamaan pengalaman antara siswa yang satu dengan yang lainya, menambah keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, mempermudah siswa dalam menerima materi yang disampaikan karena dengan menggunakan media pembelajaran dapat memperjelas apa yang disampaikan oleh guru, mempersingkat waktu mengingat waktu yang tersedia untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam sangat minim sekali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Mata Pelajaran; SDN Randuagung 01 lumajang | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 14:08 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 14:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45323 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |