Responsive Banner

Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan Motivasi belajar, Keaktifan dan Kreativitas siswa kelas V SDN Klurak Candi Sidoarjo

Mufarrikhah, Mufarrikhah (2007) Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan Motivasi belajar, Keaktifan dan Kreativitas siswa kelas V SDN Klurak Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
02110280.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (562kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran konvensional yang banyak digunakan guru agama Islam selama ini cenderung monoton, tekstual dan statis sehingga siswa kehilangan motivasi belajar, keaktifan dan kreativitasnya. Hal ini disebabkan guru berperan lebih aktif sedangkan siswa hanya sebagai objek yang pasif. Pembelajaran konvensional dirasa kurang efektif dalam menumbuhkan motivasi belajar, keaktifan serta kreativitas siswa. Atas dasar itu, perlu dicarikan alternatif-alternatif baru dalam pembelajaran PAI. Salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar, keaktifan dan kreativitas siswa adalah Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang dirasa lebih tepat untuk mengatasi problema yang ada selama ini.

Berangkat dari uraian di atas, penulis mencoba untuk meneliti PAKEM sebagai salah satu alternatif pembelajaran dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Apakah PAKEM dapat meningkatkan motivasi belajar, keaktifan dan kreativitas siswa kelas V SDN Klurak Candi Sidoarjo dan bagaimana peningkatannya? 2. Bagaimana implementasi PAKEM pada mata pelajaran PAI yang dapat meningkatkan motivasi, keaktifan dan kreativitas siswa kelas V SDN Klurak Candi Sidoarjo?

Berdasarkan paparan di atas, peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom action research) jenis kolaboratif partisipatoris, dengan model yang dikembangkan oleh Elliot. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan deskriptif kualitatif sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif dengan rumus:
P = PostRate − BaseRate / BaseRate X 100 %
Keterangan:
P = Presentasi peningkatan
Post Rate = Nilai rata-rata sesudah tindakan
Base Rate = Nilai rata-rata sebelum tindakan (Gugus, 1999/2000:1).

Hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa implementasi PAKEM terbukti dapat meningkatkan motivasi, keaktifan serta kreativitas siswa pada pelajaran PAI di SDN Klurak Candi Sidoarjo. Indikator peningkatannya ditandai dengan meningkatnya motivasi belajar, keaktifan dan kreativitas siswa dari siklus ke siklus. Hasil observasi dari lapangan menunjukkan bahwa motivasi belajar mengalami peningkatan dari pre test ke siklus I sebesar 66%, dari pre test ke siklus II sebesar 93%, dari pre test ke siklus III sebesar 140%, dari siklus I ke siklus II sebesar 16%, dari siklus I ke siklus III sebesar 44% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 24%. Peningkatan keaktifan dari pre test ke siklus I sebesar 83%, dari pre test ke siklus II sebesar 125%, dari pre test ke siklus III sebesar 150%, dari siklus I ke siklus II sebesar 22%, dari siklus I ke siklus III sebesar 36% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 11%. Sedangkan peningkatan kreativitas siswa pada pre test ke siklus I sebesar 41%, dari pre test ke siklus II sebesar 116%, dari pre test ke siklus III sebesar142%, dari siklus I ke siklus II sebesar 59%, dari siklus I ke siklus III sebesar 71%, dari siklus II ke siklus III sebesar 7%. Bentuk implementasi PAKEM yang optimal dalam meningkatkan motivasi belajar, keaktifan dan kreativitas siswa pada pelajaran PAI adalah dengan menggunakan metode yang bervariasi: team quiz (kuis kelompok), card sort (sortir kartu), kooperatif struktural, problem solving (pemecahan masalah), watching CD (melihat CD), learning starts with a question (pelajaran dimulai dengan pertanyaan), reinforcement serta modul.

Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah (1) Lembaga pendidikan yang berwenang diharapkan dapat merealisasikan PAKEM karena dari hasil penelitian PAKEM terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar, keaktifan dan kreativitas siswa (2) Tenaga pengajar hendaknya dapat mengimplementasikan PAKEM pada kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode yang bervariasi seperti team quiz (kuis kelompok), card sort (sortir kartu), learning starts with a question (pelajaran dimulai dengan pertanyaan), kooperatif struktural, problem solving (pemecahan masalah), watching CD (melihat CD), reinforcement dan penggunaan modul sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar, keaktifan serta kreativitas siswa dalam pembelajaran (3) Perlu adanya penelitian PAKEM lebih lanjut dengan menggunakan variabel dan metode penelitian yang berbeda agar diperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan data yang lebih absah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rossidy, Imron
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDRossidy, ImronUNSPECIFIED
Keywords: PAKEM; PAI; Motivasi Belajar; Keaktifan; Kreativitas Siswa
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 25 Jan 2023 14:07
Last Modified: 25 Jan 2023 14:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45321

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item